Jepara – SMPN 2 Jepara Rabu 22/11/2023 menggelar  kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelegence (AI) Untuk Pengembangan Bahan Ajar Guru dengan menghadirkan narasumber dari Diskominfo Jepara . Kegiatan ini dibuka oleh Nanik Agustina selaku Waka Kurikulum dan diikuti 51 guru . Pemateri atau narasumber  Fahmi Riza A (Praktisi Pemrograman bidang Informatika di Diskominfo Jepara)

Tujuan Pelatihan Pemanfaatan IT dalam Pembelajaran bagi Guru SMPN 2 Jepara untuk meningkatkan keterampilan, literasi dan numerasi siswa. Kegiatan ini mendapatkan perhatian yang  luar biasa oleh seluruh pesertan karena sangat diperlukan dalam pengembangan bahan ajar di Era teknologi masa kini.

Fahmi Ariza A mengatakan,  dalam implementasi pendidikan masa kini tidak lepas terhadap teknologi terutama dalam penyampaian materi bahan ajar, banyak para guru menggunakan fasilitas AI dan berbasis online . Murid -murid juga terbantu dengan media ajar yang inovatif dan mudah didapatkan.

“ Ini awal yang baik saya  berharap hasil dari kegiatan ini dapat diimplementasikan dalam pengembangan belajar mengajar dilingkungan SMPN 2 Jepara serta dapat menjadi inspirasi bagi sekolah di lingkungan Jepara”, papar Fahmi di hadapan guru guru SMPN 2 Jepara .

Peserta Pelatihan mengikuti kegiatan dengan antusias

Abdul Wahab salah satu peserta kegiatan mengatakan , kegiatan yang diikutinya sangat inspiratif dan bermanfaat untuk media pembelajaran siswa . Sehingga usai kegiatan ini ia akan membuat bahan ajar untuk siswa di SMPN 2 Jepara. Bahan ajar berbasis Teknologi Artificial Intelegence (AI) ini diharapkan menambah semangat para siswa mengikuti kegiatan pembelajaran.

“ Teman teman cukup antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka mengikuti kegiatan ini dengan sungguh sungguh. Mereka ingin dengan Teknologi Artificial Intelegence (AI) ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran para siswa yang diajarnya “, kata Abdul Wahab

Hal yang sama  juga dikatakan guru senior Indaningrum yang sudah mau memasuki pensiun turut antusias dalam kegiatan tersebut, “ Walaupun saya sudah tua tapi saya tetap berusaha mengikuti perkembangan yang ada. Ujarnya

Di tempat yang sama Sherentina selaku Staff Kurikulum SMPN 2 Jepara menyampaikan terima kasih kepada semua fihak atas terlaksana pelatihan. Ia berharap dengan pelatihan ini ilmu yang didapatkan bermanfaat untuk dunia pendidikan. (AH)