Muhajir Perangkat Desa Babalan tunjukkan Aula Kantor Desa Yang Kemasukan air rob

Demak – Selain menggenangi sebagian jalan dan juga rumah warga . Rob tinggi di pantura Demak juga merendam lantai Aula Kantor Desa Babalan kecamatan Wedung kabupaten Demak . Tinggi genangan tergantung situasi waktu air  rob tiba yang tidak bisa diprediksi datangnya.

Selain merendam bagian dalam juga halaman kantor desa Babalan ikut tergenang air rob yang masuk lewat sungai dibelakang kantor desa. Ketinggian rob paling rendah 20 cm dan paling tinggi pernah mencapai 50 meter. Sehingga kondisi ini mengganggu aktifitas kegiatan di kantor desa .

“Kalau tidak salah sudah ada sepuluh tahunan rob mulai naik ke area kantor desa. Namun mulai masuk sekitar 4 tahunan. Untuk bagian kantor dan admisnistrasi sudah ditinggikan setengah meter lebih. Jadi kalau ada rob masih aman “, kata Muhajir salah satu perangkat desa Babalan pada kabarseputarmuria Kamis 2/5/2024

Muhajir mengatakan , rob tinggi ini setiap tahunnya terjadi berkali kali . Namun yang paling sering adalah bulan Mei . Dalam bulan Mei setidaknya 10 -20 hari terjadi rob namun tingginya bervariasi kadang tinggi kadang rendah. Jika tinggi dipastikan masuk ke halaman dan sebagian masuk ke aula.

“ Setiap habis rob pasti harus dibersihkan secara total dengan ngepel. Apalagi jika ada kegiatan Rapat dipastikan kondisi aula harus bersih. Ya gimana lagi  ya harus dibersihkan dan bersihkan terus “, kata Muhajir .

Abrasi perparah rob

Untuk mengatasi kondisi rob yang melanda desanya Muhajir mengatakan , jalan satu satunya adalah peninggian jalan atau bangunan yang tergenang air rob. Air rob tinggi masuk di semua bagian desa utamanhya yang dekat dengan pantai. Dulu pantai cukup jauh dari pemukiman namun karena abrasi garis pantai semakin dekat dengan pemukiman.

“Jika air rob tiba air masuk melalui celah celah rumah warga yang dekat dengan pantai . Selain itu air dengan arus deras masuk ke desa melau sungai . Sehingga rumah yang terdampak pertama kali adalah rumah yang posisinya rendah di sepanjang sungai “, tambah Muhajir.

Bagi warga yang mempunyai biaya untuk meninggikan maka lantai lantai rumah ditinggikan mulai 1 hingga 1,5 meter. Begitu juga Masjid desa Babalan juga sudah mengalami peninggian lantai karena jika rob tinggi selalu kemasukan air. Namun bagi yang belum mempunyai dana untuk peninggian menerima dengan pasrah kondisi air yang masuk rumah.

( Pak Muin )