Oleh Muhammad Ulil Albab

Coronavirus atau Covid adalah berbagai infeksi yang mencemari sistem pernapasan. Seringkali, infeksi hanya menyebabkan penyakit pernapasan ringan, seperti influenza. Selain itu, infeksi ini juga dapat menyebabkan infeksi pernapasan yang parah, seperti penyakit paru-paru.

Manifestasi normal yang dialami oleh individu yang telah terinfeksi Covid antara lain; demam tinggi disertai menggigil, batuk kering, influenza, sakit tenggorokan, dan sesak napas. Manifestasi ini dapat memburuk jika tidak segera diobati, dan bahkan dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan bahkan hingga bisa menyebabkan kematian.

Seseorang dapat terkontaminasi Covid melalui berbagai cara, antara lain; kebetulan menghirup percikan air liur yang keluar dari pasien virus corona, memegang mulut, hidung atau mata tanpa membersihkan terlebih dahulu setelah bersentuhan dengan pasien corona, atau bisa jadi karena kontak dekat dengan pasien virus corona itu sendiri. Covid ini dapat mencemari siapa saja.

Berbagai cara telah ditentukan untuk membatasi/mencegah penularan virus Corona, khususnya ;

  • Melakukan vaksinasi Virus Corona yang saat ini sedang berjalan di Indonesia guna membentuk antibody yang kuat
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan sistem pertahanan/kerangka ketahanan meningkat.
  • Cuci tangan dengan benar secara konsisten menggunakan pembersih dan air atau cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Mencuci tangan hingga bersih selain dapat membunuh infeksi yang mungkin ada di tangan kita, kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan yang mudah dan wajar. Sekitar 98% penyebaran penyakit berasal dari tangan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tangan sangat penting.
  • Saat flu dan batuk, tutupi hidung dan mulut Anda dengan tisu atau di dalam lengan atas Anda (bukan telapak tangan).
  • Jauhi kontak dengan orang lain atau pergi ke tempat umum.
  • Usahakan untuk tidak menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga wajah). Tangan menyentuh banyak hal yang bisa terkena infeksi. Jika kita menyentuh mata, hidung, dan mulut kita dengan tangan yang tercemar, infeksi dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.
  • Kenakan masker dengan tepat untuk menutupi mulut dan hidung Anda saat Anda lemah atau di siang hari bolong.
  • Buang tisu dan masker bekas pakai ke tempat sampah dengan benar, kemudian bersihkan.