Semarangย  – Mahasiwa kuliah kerja nyata (KKN) UIN Walisongo Semarang melakukan kegiatan rutin menutupan jalan raya untuk digunakan dalam pelaksanaan shalat jumat di salah satu masjid besar di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jumat (13/11/2020)

Kegiatan ini dilakukan setiap hari Jumat semenjak pandemi covid-19, terhitung sejak bulan Juli 2020 dengan tujuan untuk memperluas area jamaah saat ibadah shalat jumat berlangsung. Penutupan jalan tersebut di bantu oleh anggota Detasemen Wanita Banser (Denwatser).

Terdapat beberapa alasan yang mendasari penutupan jalan tersebut, mulai dari kondisi masjid yang strategis, selalu ramai jamaah dan padatnya kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat yang melintas.

“Kita juga selalu mengusahakan untuk menjaga jarak atau Physical distancing walau sebenarnya tempatnya kurang, makanya kami meminta bantuan Denwatser untuk membantu menutup jalan guna bisa digunakan untuk ibadah sholat jumat.” Ucapnya Muhammad Ridwan selaku takmir majid besar baitul mutaqqin.

Sementara itu, Abid Lutfi anggota Denwatser menjelaskan ada cerita dibalik penutupan jalan raya Kauman, biasanya yang bertugas menutup jalan umumnya laki-laki tapi kali ini adalah perempuan.

“Saya beserta anggota yang lain turut senang dapat membantu kegiatan ini. Hanya saja masih banyak pengendara khususnya roda dua yang sulit untuk diarahkan untuk tidak melewati area masjid” jelasnya.

Penutupan jalan di depan masjid besar baitul muttaqin ini cukup efektif di lakukan guna perluasan wilayah ibadah salah jumat. Kenyamanan jamaah pun makin meningkat di karnakan kurangnya suara gaduh akibat kendaraan yang melintas. (Bel,Yas).