Jepara- Gus Muafiq salah satu Da’I NU yang saat ini masih diharapkan Mauidoh Hasanahnya  Rabu malam Hadir di desa Kedungmalang dalam Pengajian Umum Haul  Syeh Maulana . Meskipun hadir sudah gak larut malam da’I yang berambut panjang dan berpenampilan sederhana ini masih ditunggu ribuan jamaah . Selain warga desa kedungmalang sendiri banyak pula warga disekitarnya yang ingin hadir melihat langsung penampilan Gus Muafiq.

“ Sebenarnya saya tidak ada jadwal disini namun karena yang meminta Mbah Hayatun ya gimana lagi mau tidak mau harus hadir dan saya bilang nggih saged namung larut malam nggih “, kata Gus Muafiq pada awal ceramahnya Rabu malam  5 Februari

Gus Muafiq memang di tunggu kehadirannya di desa pesisir ini . Selain ceramahnya yang mudah dipahami juga sosoknya sudah akrab dikenal warga lewat video video pengajian di youtube. Oleh karena itu ketika Gus Muafiq masuk ke arena pengajian semua hadirin bersyukur dengan menampakkan wajah gembira.

Di hadapan Jamaah yang mayoritas ibu ibu , Gus Muafiq mengatakan bahwa tradisi Haul adalah tradisi Nahdlotul Ulama yang harus dilestarikan. Dengan adanya tokoh yang di hauli setiap tahunnya semua warga akan mendapat keberkahan . Selain itu juga bentuk untuk menghormati leluhurnya.

Ceramah khas Gus Muafiq dengan guyonannya membuat hadirin tidak beranjak satupun dari tempatnya. Meski kondisi tempat pengajian yang becek karena habis hujan namun tidak menyurutkan mereka untuk mendengar tausiyah dari Gus Muafiq. Sampai do’a dikumandangkan jamaah tetap khusuk sampai Gus Muafiq turun dari panggung.