Jepara – Hari ini Kamis 17 Oktober 2019 ratusan desa di Jepara mengadakan Pesta Pemilihan Petinggi atau Pilpet. Sebagai layaknya sebuah pesta pasti meriah dan dari pantauan kabarseputarmuria desa yang menggelar pilpet benar benar meriah.

Pemilih bagaikan raja sehari yang siap dilayani oleh timses masing-masing calon petinggi. Selain  uang saku atau amplop diberikan yang katanya sebagai pengganti kerja. Sarapan disediakan model kerdusan atau warung warung kecil yang ditempatkan di sudut desa atau dekat lapangan tempat pemungutan suara.

Pantau kabarseputarmuria mulai dari desa Krasak , Lebuawu , Pecangaan Kulon , Gerdu kecamatan Pecangaan kulon. Desa Tedunan , Karangaji dan Kedungmalang kecamatan Kedung suasana cukup ramai. Arena pilpet layaknya pasar tumpah dengan berbagai macam penjual makanan dan arena permainan untuk anak-anak.

Sutopo Ketua P3 desa Lebuawu mengatakan , acara pemilihan petinggi di buka pukul 07.00 dan berakhir pukul 13.00 . Ada 3 TPS yang menyatu di seputar Balai Desa. Penghitungan dilakukan secara serentak hasil ketigaTPS akan direkap menjadi satu.

“ Memang kedua calon memberikan warung makan gratis kepada setiap pemilih . Tetapi itu tidak masalah yang penting ddi tempat makan itu tidk ada gambar atau nomor calon “, kata Sutopo.

Di Pecangaan Kulon pilpet diadakan di lapangan desa sehingga suasana lapangan ramai sekali dengan datangnya para pemilih dari berbagai penjuru desa. Pemilih di sini juga diistimewakan oleh para tim ses dari rumah mereka dijemput dengan kendaraan mulai kendaraan kecil sampai dengan bus bus besar.

“ Saya berharap acara hari ini dan sampai pelantikan nanti berjalan aman ,tertib dan lancar dan mendapatkan pemimpin yang amanah . Sehingga desa Pecangaan lebih maju “, kata Ridwan Setiawan Ketua P3 desa Pecangaan kulon.

Begitu juga suasana desa Gerdu kecamatan Pecangaan juga menggelar pilpet yang dipusatkan di Balai Desa Gerdu yang diikui 3 calon petinggi. Pantauan kabarseputarmuria suasana aman tertib dan lancar . Pemilih datang satu satu sehingga tidak ada penumpukan pemilih di TPS.

Khafid Petinggi desa Gerdu pada kabarseputarmuria mengatakan , pilpet di desa Gerdu tahun ini terpantau aman dan lancar. Mulai dari tahap pendaaftaran sampai dengan pencoblosan. Timses berjalan menurut aturan sehingga tidak ada gesekan yang berarti.  (Muin)