Mas Zaenudin MZ salah satu pemancing tunjukkan hasil pancingannya dalam lomba mancing di kolam Warung Makan Kalinyamatan Jepara

Jepara – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 79 . Warung makan Kalinyamatan Minggu 25/8.2024 menyelenggarakan Lomba Mancing dan Makan Bersama. Dengan tiket Rp 100 ribu peserta berhak memancing mulai jam 08.00 – 16.00. Semua ikan yang didapatkan boleh dibawa pulang . Jenis ikan yang dipancing adalah bawal , nila dan lele.

Akhlis penyelenggara dan juga owner Warung Makan Kalinyamatan pada kabarseputarmuria mengatakan , lomba mancing ini sudah diselenggarakan beberapa kali . Dalam satu tahun minimal di gelar sekali. Untuk tahun ini kebetulan bersamaan dengan momen HUT TRI ke 79.

“ Sebelum dimulai kegiatan mancing bersama ini semua peserta menyanyikan  lagu kebangsaan Indonesia raya seagai bukti cinta tanah air. Selain itu ditengah kolam juga kami dipasang Bendera Merah Putih “, kata Akhlis.

Akhlis menambahkan untuk tahun 2024 ini ia membatasi peserta sejumlah 75 orang . Meskipun menjelang menutupan masih banyak yang mendaftar. Hal itu karena lokasi dan juga agar peserta lebih leluasa dalam memancing.

“ Sebenarnya masih ada tambahan peserta namun kami Batasi sejumlah 75 orang . Agar para pemancing lebih leluasa dan membuat peluang mendapatkan ikan lebih besar” , tambah Akhlis.

Penyelenggarakan mancing bersama ini tidak hanya tahun ini beberap tahun lalu juga diselenggarakan. Sehingga para peserta tahun 2024 ini kebanyakan adalah pemancing yang dahulu pernah mengikuti event yang sama di tahun lalu. Kebanyakan mereka ada para penghoby memancing yang sudah saling kenal.

“ Selain bisa membawa ikan yang didapatkan sebanyak banyaknya ada juga doorprize dari kami bila mendapatkan ikan yang ada pitanya akan kami beri hadiah uang tunai . Tadi sudah ada dua pemancing yang mendapatkan ikan berpita dari kolam ini “, kata Ahlis lagi.

Menurutnya selain sebagai wahana untuk promosi warung makannya yang benar benar menyediakan aneka ikan air tawar fresh. Ajang mancing bersama ini sebagai wahana komunikasi antar pemancing di daerah Kalinyamatan dan sekitarnya. Sehingga ia menyediakan makan siang dengan menu ikan lele fresh untuk semua pemancing,

Zaenudin salah satu pemancing  mengatakan , ia sudah berkali kali mengikuti lomba atau kegiatan mancing bersama di Warung Makan Kalinyamatan ini. Meskipun mengeluarkan uang Rp 100 ribu untuk tiket mancing. Namun hal itu tidak menjadi halangan selain bisa melampiaskan hobinya juga pulangnya pasti membawa ikan.

“ Kalau mancing bersama seperti ini dan di kolam yang sudah dipelihara ikan pastinya akan dapat ikan. Kalau di sungai atau kolam liar belum tentu dapat. Alhamdulilan ini hasil memancing ada ikan bawal dan nila “, kata Zaenudin  sambil menujukkan hasil pancingannya.

Hal sama juga dikatakan pak Eko warga desa Krasak yang juga punya hobi memancing. Ia juga sering ikut kegiatan lomba mancing bersama . Bahkan ia juga memancing di ke laut seperti di area pulau panjang. Baginya memancing mempunyai keasyikan tersendiri .

“ Wah belum rejeki mas belum ada ikan yang didapatkan , Ya begitulah memancing harus sabar mudah mudahan sebelum sore bisa dapat ikan “, kata pak Eko di tengah tengah puluhan pemancing di kolam Warung Makan Kalinyamatan Jepara. (Pak Muin)