Petinggi Desa Margoyoso dan panitya acara Sedekah Bumi Desa Margoyoso tengah pose bersama sebelum gelaran partai final kompetisi Sepak bola se Desa Margoyoso ( foto : Oedy Melankolis )

JEPARA – Kabar seputarmuria.com – Prosesi budaya tahunan yang berlangsung tahun ini bertepatan dengan HUT RI ke -79 tak ayal mewarnai acara pelaksanaan sedekah bumi Desa Margoyoso kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara.Gelaran giat sedekah bumi Desa Margoyoso sebenarnya telah di mulai pada hari sebelum ini,adapun acara yang sudah di selenggarakan di antaranya tahtimul qur’an,Bazar pasar murah di pasar kerajinan Margoyoso,jalan sehat,kompetisi Sepak bola yang finalnya di laksanakan Minggu tgl 18/08/2024.

Pihak pemerintah Desa ( Pemdes ) tampaknya sigap bersama bergotong-royong bahu- membahu satu sama lain bersama panitya dan seluruh kompenan lain seperti karang taruna ibu-ibu pkk ketua rt/rw se Desa Margoyoso ber gotong – royong demi sukses dan terselenggaranya acara Sedekah Bumi ini. Kali ini sedekah bumi mengambil tema ” Mbangun Desa Mowo coro mowo noto”. Yang artinya kurang lebih membangun Desa dengan cara serta dengan menata. Diharapkan dengan tema tersebut ke depan Desa Margoyoso semakin lebih baik dari segala aspek kehidupan masyarakat dan warganya.

Di samping itu titik poinnya adalah mencari bibit2 unggul pemain sepakbola agar nantinya bisa bergabung pada persatuan sepak bola Mars.( Persatuan Sepak bola Desa Margoyoso -red )Agar prestasi persepakbolaan ke depan prestasinya bisa membanggakan” terang petinggi.

Kemeriahan acara terbukti  di atas terbukti usai gelaran acara ini di laksanakan pengunjung ramai mendatangi acara bazar pasar murah jalan sehat kompetisi sepakbola selalu di padati warga.

Terkait dengan acara sedekah bumi petinggi DesanMargoyoso kecamatan Kalinyamatan Ahmad  Abdul Kholik menuturkan kepada awak media saat mewawancarainya di kediaman beliau menuturkan serta membeberkan acara Sedekah Bumi.” Kegiatan ini teselenggara atas kerjasama dengan melibatkan semua elemen masyarakat untuk sengkuyung bersatu padu dengan satu visi mensukseskan serta memeriahkan acara sedekah bumi sebagai penghormatan kita semua pada leluhur yang telah menjadi bagian dari cikal bakal berdirinya desa ini ” kata Ahmad Abdul Kholik pada wartawan.

Menurut Ahmad Abdul Kholiq  kompetisi sepakbola bertujuan  menjalin silaturahmi keakraban antar pemuda se Desa Margoyoso baik yang bermukim di wilayah barat wilayah timur wilayah utara dan wilayah selataan agar mereka saling mengenal satu sama lain dalam rasa kebersamaan keakraban dll.

Anggota Dprd Kab.Jepara Fraksi PPP hj.Lusiana Afrianti S.Psi.MM. bersama suaminya H.Agus turut hadir dalam acara fimal kompetisi sepakbola Se-Desa Margoyoso di lapangan Sepakbola Desa setempat tengah pose bersama tropi bagi juara lomba kompetisi sepak bola ( foto : Oedy Melankolis )

”  Kami menyediakan hadiah dan tali asih kepada pemenang kompetisi sepakbola dengan rincian sebagai berikut., Juara 1 akan mendapatkan seekor kambing dan uang pembinaan sebesar 1 jt .,Juara 2 akan mendapatkan bebek dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.750.000.,Juara 3 akan mendapatkan 3 ekor ayam dan uang pembinaan sebesar Rp. 500.000., Juara ke 4 akan mendapatkan uang pembinaan Rp.250.000 Final kompetisi sepakbola telah di laksanakan pada hari minggu tgl 18/08/ 2024 di Lapangan Bola Desa Margoyoso:” jelas Ahmad Abdul Kholik.

Untuk giat lomba ibu- ibu pkk akan berlangsung tgl 23/08/2024 yakni lomba merangkai dari bahan limbah plastik menjadikaan hiasan yang sangat berguna untuk di pajang di rumah.Tgl 25/08/2024 akan diselenggarakannkarnaval budaya yg di mana tiap tiap rt se Desa Margoyoso akan mengirimkan perwakilannya dengan rute mengelilingi jln.Desa Margoyoso.adapun puncak acara akan terjadi pada tgl 28/08/2024 malam di adakan pengajian umum di tempat makam Dukuh Kedangkrangan dengan menghadirkan pembicara KH. Ahmad Mahyan dari kota Purwodadi “terang Abdul Kholik lebih lanjut.

Anggota DPRD  Kab.Jepara Fraksi PPP Hj.Lusiana Afrianti S.Psi.MM. bersama suaminya H.Agus turut hadir dalam acara fimal kompetisi sepakbola Se-Desa Margoyoso di lapangan Sepakbola Desa setempat tengah pose bersama tropi bagi juara lomba kompetisi sepak bola ( foto : Oedy Melankolis )

Dalam acara final kompetisi sepakbola se Desa Margoyoso tampak hadir dan ikut menyaksikan jalannya partai final yang di gelar minggu tgl18/08/2024 kemarin berlangsung sangat meriah dan sportif.  Hj.Lusiana di dampingi suami H.Agus pose bersama juara 1 kompetisi sepakbola se Desa Margoyoso sekaligus menyerahkan secara simbolis se ekor kambing kepada pemenang ( foto : Oedy Melankolis )

Saat di konfirmasi wartawan di sela-sela acara tersebut hj.Lusiana Afrianti sangat memberikan apresiasi kepada pihak panitya dan pemerintah desa Margoyoso. ” Semangat dan jiwa sportifitas yang tinggi telah di jungjung tinggi dalam berkompetisi sudah selayaknya mendapat apreasiasi dan dapat menjadi inspirasi serta contoh yang baik buat warga lainnya ” ucap mbak Lusi sapaan akrabnya saat di wawancarai wartawan.

Sementara dalam gelaran sedekah bumi warga Desa Margoyoso Lusiana berharap semoga dengan gelaran tersebut  dapat meningkatkan rasa syukur kita pada Alloh swt.memupuk kekompakan sesama warga Desa Margoyoso serta menghargai akan jasa’-jasa para leluhur / cikal bakal Desa Margoyoso dan yang tak kalah pentingnya adalah menjaga budaya sebagai kearifan lokal yg perlu di jaga dan di lestarikan agar tidak punah . ” Kalau  bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan budaya kita sendiri ” kata Lusiana mengakhiri wawancaranya.
( Oedy Melankolis ka.biro Jpr- Kds.)