Demak – Normalisasi sungai SWD 2 telah sampai di hilir yaitu desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak . Selain kegiatan pendalaman dan pelebaran sungai . Tanggul yang rata dengan jalan juga ditinggikan.Selain itu bangunan yang berdiri diatas tanggul sudah bersih.

Warga yang menggunakan bantaran dan tanggul sungai dengan kesadaran sendiri membongkarnya. Bangunan itu terdiri dari rumah tempat tinggal ,kandang ternak , juga tempat usaha toko dan warung. Bangunan itu ada yang permanen ,semi permanen dan juga bangunan sederhana.

Pantauan kabarseputarmuria  dilapangan Senin 5/8/2024 , semua bangunan yang berdiri diatas tanggul sudah bersih. Sehingga alat berat yang mengerjakan peninggian tanggul berjalan dengan lancar. Tanggul yang rendah ditinggikan dengan di mengambil tanah dari luar yang diangkut truk .

Tanah yang diangkut dengan puluhan truk hilir mudik . Dari arah datangnya truk tanah tanah tersebut diambilkan dari daerah Jepara. Setelah sampai lokasi tanah tersebut diturunkan. Selanjutnhya tanah tersebut ditata dengan alat berat ke tanggul yang masih rendah.

Dengan adanya normalisasi sungai SWD 2 diharapkan jika musim penghujan tidak ada rasa was was warga atas naiknya air sungai. Selain itu sungai  SWD 2 di desa Kedungmutih ini tak dinormalisasi dalam jangka yang lama.

Desa Kedungmutih kecamatan Wedung adalah desa paling hilir yang dilintasi sungai SWD2 . Sungai ini juga sebagai batas dua kabupaten Demak dan Jepara. Sebelum tahun 1990an tahun ini secara rutin di keruk dengan menggunakan kapal keruk . Setelah itu baru tahun 2024 ini kembali dinormalisasi. (Pak Muin)