Mbak Sofiyatun menyiapkan bubur 4 rasa untuk pelanggannya

Jepara – Siapa ya yang pernah jalan jalan ke Pantai Bulak Baru kecamatan Kedung . Tentunya pernah merasakan Bubur dan Pecel . Orang yang pertama yang berjualan Bubur dan Pecel adalah mbak Sofiatun atau akrab di panggil mbah Q-tun. Di pantai Bulak Baru dulu lapak Mbak Q-Tun sangat terkenal karena dua makanan itu.

Jika hari Minggu atau Libur warungnya dari pagi hingga sore hari . Ramai dengan datangnya pelanggan untuk menikmati bubur dan pecel buatannya. Sehingga makanan ini viral karena banyak teman teman netizen yang menggunggahnya di media sosial. Selain memang enak rasanya juga harganya terjangkau.

“ Ketika dulu viral viralnya sehari bisa bawa pulang 20 Juta untuk hari Minggu dan hari libur. Sedangkan hari Jum’at bisa bawa pulang uang 10 juta rupiah. Alhamdulillah mungkin pas itun rejeki keluarga saya “, cerita mbah Sofiyatun didampingi suaminya mas Eko pada kabarseputarmuria Minggu 4/8/2024.

Ide menjual bubur dan pecel itu berawal dari makanan yang dijual pedagang di pantai Bulak baru serba instan. Ia melihat semua berjualan makanan yang sama sehingga membuat pengunjung bosan. Nah akhirnya ia mencoba berjualan bubur ketan hitam . Dari bubur ketan hitam yang mulai laku itulah ia kemudian menambah 3 bubur lagi seperti sekarang.

“ Ketika itu pedagang belum tertarik membuat makanan seperti saya . Jadi ketika itu warung saya diserbu oleh pengunjung makin lama makin ramai. Apalagi setelah masuk medsos tambah ramai , Hingga pernah dibantu 5-6 orang saking ramainya “, ingat mbak Sofiyatun.

Namun sesuatu hal terjadi sehingga membuat Mbak Q-Tun harus menutup usahanya di pantai Bulak Baru . Melihat pelanggannya yang cukup banyak iapun mencoba berjualan di depan warung menuju ke Pantai Bulak Baru . Namun di tempat itu juga tidak bertahan lama karena sesuatu hal.Padahal ditempat itu sudah mulai laku karena pelanggan sudah mulai tahu.

Akhirnya pada bulan Nopember 2023 ia memindah usahanya ke Kedai di jalan raya menuju ke Desa Bugel . Tepatnya di sebelah Barat SMPN 2 Kedung warungnya ada di sebelah Utara jalan. Di Kedai yang cukup lebar ini ia tidak hanya berjualan bubur dan Pecel saja . Namun ada aneka  menu untuk makan pagi dan makan siang.

“ Kita buka kedai mulai jam 09.00 pagi untuk menyediakan kebutuhan makan pagi  dan siang. Sedangkan tutupnya sekitar jam 16.00 atau sebelumnya ketika stok makanan sudah habis. Hari Minggu – Sabtu buka . Sedangkan untuk hari Senin libur untuk Istirahat “, jelas mbak Sofiyatun.

Pengalaman berjualan di pantai menjadi pengalaman tak terlupakan baginya. Sehingga hal tersebut menjadi awal membuka usaha di tempat sendiri . Dalam jangka hampir satu tahun ini kedainya berjalan baik dan lancar . Selain warga Jepara sendiri di harin libur banyak pengunjung dari Kudus, Demak dan Semarang.

Untuk menu andalan yang banyak di suka pelanggan adalah Belut goreng ,Sop udang ,Lontong Tahu Campur dan Lontong sayur. Selain itu menu utama yang dulu viral yaitu Bubur 4 rasa dan Pecel bersama lontong , nasi dan horog horog tidak ketinggalan. Selain itu ada menu kekinian misalnya seblak dan yang lainnya.

“ Monggo bisa dirasakan untuk bubur 4 rasa dan juga pecelnya yang dipantai dan disini enak mana ? monggo para pelanggan silakan merapat . Kami juga menerima pesanan untuk acara acara pesta atau keluarga “, kata mbak Q- Tun sambil memberikan nomor HPnya 082 226 409 609.

Nah bagi pelanggan yang kangen masakan Mbak Q-Tun silakan mampir di kedainya di desa Bulak Baru kecamatan Kedung dekat SMPN 2 Kedung.Warunngnya luas bisa makan di dalam atau di kebun bagian belakang. Selain itu tempat parkirnya juga luas bisa mjuat banyak mobil dan sepeda motor.  ( Pak Muin)