Sosialisasi Izin Edar dan Digitalisasi UMKM oleh Tim KKN Universitas Tidar kepada pelaku UMKM Desa Mungkid

Magelang – Mahasiswa KKN Universitas Tidar menggelar kegiatan bertajuk “Sosialisasi Izin Edar Usaha dan Digitalisasi UMKM” pada Minggu (28/07) di Posko Tim 2 KKN Desa Mungkid, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Ketua tim, Arya Agro Adikarindo, menjelaskan bahwa pelaksanaan sosialisasi merupakan upaya agar UMKM di Desa Mungkid semakin berkembang, khususnya melalui pemanfaatan media sosial serta pendaftaran Nomor Izin Berusaha (NIB).

Arya melanjutkan, “Sejak awal datang ke sini kami sudah diberitahu bagaimana banyaknya UMKM di Desa Mungkid. Hal itu bisa dibilang menjadi salah satu potensi yang dimiliki desa ini dan kami ingin membantu meningkatkan potensi tersebut.”

“Pada sosialisasi ini kami tidak hanya mengundang pelaku UMKM saja, tetapi juga para pemuda Karang Taruna dengan harapan ke depannya dapat mendampingi dan mengajari para pelaku UMKM apabila terkendala di masa mendatang,” tambah Libriana Arsya Nadia selaku anggota tim sekaligus penanggung jawab acara.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi pertama seputar digital marketing yang dibawakan oleh Lina Ana Setiyani, pemilik Qiahome.id. Beliau menyampaikan secara detail pentingnya digital marketing pada era ini, bagaimana pemanfaatan media sosial dengan tepat untuk pemasaran produk, hingga langkah-langkah pembuatan Instagram Professional Dashboard dan WhatsApp Bussiness.

Sesi praktik pendaftaran NIB bagi pelaku UMKM Desa Mungkid

Pada sesi berikutnya berlangsung pemaparan materi kedua yang berisi pengetahuan umum mengenai NIB dan praktik langsung pendaftarannya melalui situs oss.go.id. Materi tersebut dibawakan oleh Mailani Khoiriyah dan Dyah Pramudita Ardaningrum, anggota Tim 2 KKN Desa Mungkid yang sudah berpengalaman dengan pendaftaran NIB.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 17 peserta dari enam dusun, tepatnya gabungan antara pelaku UMKM dan anggota Karang Taruna dusun tersebut. Leny Hariyanti, salah satu pelaku UMKM dari Dusun Sanggrahan, mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. “Sangat bermanfaat buat pemilik UMKM seperti saya, apalagi yang praktik pendaftaran NIB tadi saya butuh banget,” ujarnya.

Tim 2 KKN Desa Mungkid dalam mengadakan kegiatan ini bekerja sama dengan PEMUJA, Pemuda Mungkid Jaya, yang merupakan Karang Taruna dari Dusun Mungkid 2. Tim KKN meminta bantuan anggota PEMUJA untuk ikut menjadi panitia pada hari berlangsungnya sosialisasi agar dapat berjalan lancar sekaligus sebagai momen lebih dekat antara satu sama lain.