Penampakan Macan Putih di Makam.Mbah Driyo Wongso Bungo Demak

Demak – Desa Bungo kecamatan Wedung salah satu desa di kabupataen Demak yang menyimpan banyak makam lama . Makam ini berada di area pemakaman desa yang cukup luas. Salah satu makam adalah makam Mbah Driyo Wongo atau Mbah Macan.

Letak makam Mbah Macan ini ada di area pemakaman Umum bagian Selatan . Jika peziarah masuk dari pintu Utara makam makam ini jaraknya 200 meter arah Selatan dari Makam Mbah Panji Kusumo. Sedangkan jika dari gang Selatan desa posisinya lurus kea rah Timur.

Makam Mbah Macan ini sudah di beri atap atau cungkup . Kondisinya di rawat dan cukup bersih. Selayaknya makam yang dikeramatkan warga makam ini juga sering diziarahi oleh warga . Tidak hanya warga setempat namun banyak peziarah dari luar desa yang berkunjung ke makam ini.

Uniknya selain makam dengan batu nisan di dalam cungkup makam ini ada patung macan atau Harimau. Sehingga bagi peziarah yang datang pertama kali memasuki cungkup makam akan kaget , Apalagi jika berziarah sendirian dan waktu malam hari. Patung macan terletak di sebelah Selatan makam.

Nur Hadi warga desa Bungo pada kabarseputarmuria mengatakan, keberadaan makam Mbah Macan ini sudah lama, Ketika ia masih kecil sudah ada makam tersebut, Meski kondisinya belum sebagus sekarang. Dulu bangunan makam masih sederhana belum di bangun permanen.

Terkait nama Mbah Macan , Nurhadi mengatakan , dari cerita orang orang dulu Mbah Driyo Wongso dalam kesehariannya mempunyai pengawal berupa macan putih. Jika Mbah Driyo bepergian naik kuda  macan putih itu sering mengikuti di belakangnya.

“ Dulu sebelum desa ramai seperti sekarang , warga sering mendengar suara kuda dan auman macan di sekitar lokasi makam ini. Namun setelah kondisi ada listrik semua terang jika makam hari suara ringkian kuda dan auman macan tak terdengar lagi “, kata Nurhadi yang rumahnya tidak jauh dari Makam Mbah Macan.

Makam Mbah Macan di desa Bungo ini menjadi salah satu tempat yang dikeramatkan di desa Bungo . Selain Makam Mbah Macan ini di des aini masih ada Makam Makam lain yang juga masih di ziarahi ,dirawat , dijaga dan dilestarikan oleh warga setempat. (Muin)