Jepara – Ikatan Alumni ( IKA ) SMPN 1 Pecangaan ( Spanca ) kembali menggelar kegiatan Alumni Mengajar. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka HUT Spanca yang ke 60 . Salah satunya adalah memberdayakan Alumni dalam rangka meningkatkan semangat belajar siswa dalam rangkai mencapai cita cita.

Untuk sesi kedua yang digelar Selasa 30/7/2024 menampilkan Kolonel Kes Ahmad Lufir’an , S Pd alumni Spanca tahun 1984.  Kegiatan ini berlangsung di gedung serba guna sekolah dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 9.Giat alumni mengajar ini  ini dibuka oleh Wakil Kesiswaan SMPN 1 Pecangaan, Tri Purnomosidi, S.Pd., diikuti dengan sambutan dari ketua Ikatan Alumni, Dra. Mariah, M.Pd Turut hadir beberapa perwakilan Ikatan Alumni SMPN 1 Pecangaan, termasuk Mbak Anis (alumni 1988) dan Mbak Ita (alumni 1987).

Dra. Mariah dalam sambutannya mengatakan , kegiatan alumni mengajar ini diselenggarakan oleh IKA sebagai rangakaian HUT Spanca yang ke 60 pada bulan Agustus depan. Kegiatan ini sudah berlangsung beberapa tahun yang lampau. Ini semua salah satu pemberdayaan alumni kepada almamaternya.

“ Oleh karena itu saya harapkan adik adik semua mendengarkan dengan seksama . Agar yang disampaikan kakak alumni ini bisa menjadi pembelajaran kalian untuk meraih cita cita yang engkau impikan. Sehingga tidak hanya kak Lufir’an yang menuai kesuksesan kalian juga mempunyai hak yang sama “, kata Mariah beri semangat,

Kolonel Lufir’an, yang bekerja di RSPAU dr. S. Hardjolukito dan tinggal di Perum Cipta Ngabean Sentosa, Kartasura, Sukoharjo, dikenal sebagai sosok yang gemar berolahraga, terutama tenis lapangan. Kebiasaannya ini membuatnya tampak lebih muda dan sehat. Dengan tema “Membangun Kebiasaan Positif Melalui Disiplin”, beliau berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai pentingnya disiplin dalam meraih kesuksesan.

Di hadapan ratusan siswa , Kolonel Lufir’an menjelaskan  disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan sistem yang mengharuskan seseorang untuk tunduk pada keputusan, perintah, dan peraturan yang berlaku. Disiplin mencakup sikap menaati peraturan dan ketentuan yang ditetapkan tanpa pamrih.

Tujuan disiplin adalah untuk menjamin adanya pengendalian dan penyatuan tekad, sikap, dan tingkah laku demi kelancaran pelaksanaan tugas serta tanggung jawab yang diberikan. Manfaat disiplin adalah menjadikan seseorang memiliki kebiasaan hidup yang lebih baik dan memacu untuk lebih mudah meraih sukses.

“ Adik adik semua mempunyai kesempatan untuk menjadi orang yang sukses. Kesuksesan perlu diperjuangkan dengan menerapkan disiplin sejak dini . Disiplin adalah kunci keberhasilan dan kesuksesan di dunia dan akhirat . Contohnya yang paling mudah saat ini adalah taati peraturan sekolah yang ada dan belajar dengan sungguh sungguh “, kata Lufir’an,

Kegiatan Alumni mengajar bertambah  seru ketika sesi tanya jawab . Para siswa sangat antusias dan penasaran dengan materi yang disampaikan.  Merekapun di daulat pengajar untuk berinteraksi secara langsung dengan pengajar. Sehingga kegiatan alumni mengajar ini menjadi kesan positif bagi peserta didik di SMPN 1 Pecangaan.

Kegiatan “Alumni Mengajar” ini memberikan wawasan baru bagi para siswa dan menginspirasi mereka untuk membangun kebiasaan positif melalui disiplin. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa SMPN 1 Pecangaan dapat lebih termotivasi untuk meraih prestasi dan kesuksesan di masa depan.

( Odie Melankolis, Desita L  – Jepara )