Mas  Erick tunjukkan bibit tanaman buah yang ia jual

Jepara – Salah satu hobi yang saat ini masih digemari orang adaloah hobi bertanam baik itu tanaman bunga atau tanaman buah. Sehingga usaha penjualan tanaman bunga dan buah juga terus dicari oleh penghoby . Salah satu usaha penjualan tanaman yang cukup di kenal di area Kalinyamatan adalah Pondok Sekar Panjunan di desa Purwogondo .

Usaha yang dibuka dipinggir jalan antara Pertigaan Purwogondo – Teluk Wetan tepatnya seputaran Makam Nganjun ini sudah puluhan tahun dan ribuan koleksi tanaman. Mulai dari tanaman bunga harga ribuan hingga harga ratusan ribu. Begitu juga bibit buah dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung kondisi tanaman.

“ Kalau yang bibitan sepertio ini harganya sekitar dua puluhb ribuan . Tapi kalau yang sudah berbuah seperti tanaman klengkeng atau kacang almond ini bisa sampai ratusan ribu. Pokoknya untuk semua bunga dan bibit buah disini semua ada . Bisa beli eceran atau partai besar untuk membuka kebun buah “, kata Erick putra owner Pondok Sekar Panjunan pada kabarseputarmuria Minggu 27/8/2023.

Erick mengatakan usaha penjualan tanaman baik bunga atau buah dirintis kedua orangtuanyab sejak ia masih kecil. Dulu sebelum membuka usaha di Jepara ayah ibunya usahanya di Jakarta tepatnya jalan praamuka. Selain jualan tanaman juga jual beli anekaa jenis burung ocehan.

“ Ketika usaha di Jakarta mulain turun kedua orangtuanya pulang kampung. Selanjutnya membuka usaha yang sama di desa Purwogondo Jepara. Namun untuk jual beli burung sudah tidak lagi. Ibu dan bapak focus pada penjualan tanaman bunga dan bibit buah. Di tambah lagi dengan penjualan media tanam pot bunga dan jasa pembuatan taman untuk rumah dan kantor “, tambah Erick

Karena buka usaha di rumah pelanggan yang ingin membeli tanaman bunga dan bibit tanaman bisa kapan saja. Jika rumah terbuka pasti dilayani dengan cepat oleh pemilik usaha. Untuk harganyapun bisa nego apalagi jumlah pebelian banyak untuk proyek harga bisa di nego semurah murahnya. Agar kedua belah fihak baik penjua dan pembeli mendapat keuntungan.

Begitu juga untuk penjualan bibit tanaman buah ada aneka pilihan ada durian. Alpukat, mangga, jambu dan banyak lagi yang lain. Beberapa pembeli bibit buah kini banyak yang sukses karena tanaman tumbuh baik dan banyak yang sudah panen. Ini semua karena pemilihan bibit buah yang bagus dari tokonya.

“ Monggon yang mau mampir silakan lihat lihat ada aneka jenis tanaman bunga dan buah. Membuat tanaman mini skala rumah tangga juga kami layani . Yang mau belajar bertanam bunga dan buah kami pandu agar berhasil panen dan tubuh dengan baik “, tutup Erick . ( Muin )

Nama Usaha : PONDOK SEKAR PANJUNAN

Alamat            : Desa Purwogondo kecamatan Kalinyamatan Jepara ( Dekat nmakam Nganjun)

No HP/Wa     :  0896 6815 4340