Jepara – Salah satu pekerjaan yang masih prospektif untuk di jalani adalah servis sepeda onthel. Meski saat ini lebih banyak pengguna sepeda motor namun pengguna sepeda saat ini juga masih ada. Selain sepeda biasa dengan harga yang standart saat ini adav juga sepeda onthel yang harganya sampai puluhan juta.Semua butuh jasa servis jika mengalami kerusakan.a

Hal itulah yang menjadikan Bang Pendek warga desa Manyargading kecamatan Kalinyamatan bertahan dari pekerjaan aebagai servis sepda onthel. Dib depan rumahnya ada gubug kecil yang berisi peralatan untuk menyervis sepeda . Di gubung itulah ia menggantungkan ekonomin keluarganya selama puluhan tahun.

“ Dahulu ini usaha bapak dan sejak kecil saya sudah membantu bapak mulai menambal ban bocor, dan juga servis kerusakan sepeda. Ketika bapak meninggal usaha saya lanjutkan. Karena warga tetap membutuhkan dan juga hasilnya ya masih lumayan usaha ini tetap saya jalankan hingga sekarang “, kata Mas Pendek pada kabarseputarmuria Minggu 27/8/2023.

Mas Pendek yang membuka bengkel di sebelah Timur balai desa Manyargading menambahkan, bengkel srvis sepeda omthel dibuka sekitar setengah sembilan pagi pelayanan sampai dengan jam 3 sore, Pelanggan selain dari desa Manyargading dan sekitarnya banyak pulang yang datang dari jauh. Ada yang datang dari wilayah Demak perbatasan Jepara dan juga sampai area Batealit.

“ Alhamdulillah setiap hari ada saja yang datang ke tempat ini , selain kerusakan kecil misalnya tambal ban atau ganti ban sepeda . Ada juga yang servis agar sepeda enak dipakai. Selain itun ada yang datang untuk setel pelek sepeda atau kerusakan kecil lainnya “, tambah Mas Pendek yang juga hoby nggowes

Untuk kerusakan kecil biaya servis mulai dari Rp 20 ribu , jika setel roda Rp 50 ribu . Selain itu ada jasa tambal ban yang ongkosnya di bawah 10 Ribu. Ramai atau sepi pelanggan bengkel berdinding bambu ini terus ia buka. Jika dihitung harian penghasil sehari kalau di rata rata ada Rp100 ribuan sehingga cukup untuk menghidupi keluarganya. Untuk waktu dekat ini ia belum ingin pindah pekerjaan.

Nah bagi anda yang punya sepeda di area Manyargading dan sekitarnya jika ada kerusakan atau ingin servis bisa datang ke bengkel sepeda Mas pendek. Adapun lokasinya dan  di sebelah Timu balai desa Manyargading . Sekali lagi bukanya sekitar jam setenghah sembilan sampai jam tiga sore. ( Muin )

Nama Usaha  : Bengkel Sepeda Onthel

Alamat             : Timur Balai Desa Manyargading Kalinyamatan Jepara

No Wa/Hp      : 0896 5089 7529