Pati  – Api Mrapen yang berasal dari Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan akan di gunakan sebagai isyarat pembukaan Pekan Olah Raga Provinsi XVI Jawa Tengah Pati Raya di Stadion Joyokusumo Pati. Api Mrapen bakal diarak 4 Agustus 2023 di Kabupaten Pati sehari menjelang pelaksanaan pertandingan.

Api yang berasal dari Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, rencananya di bagi dua. Api Mrapen yang satu dari Grobogan diarak menuju Kudus dan Jepara diserah terimakan di perbatasan Jepara – Pati tepatnya desa Mojo Kecamatan Cluwak. Sedangkan Obor Api Mrapen yang ke 2 akan diserahterimakan di perbatasan Kabupaten Rembang – Pati tepatnya di desa Gajah Kumpul kecamatan Batangan kabupaten Pati, yang sebelumnya diarak dari Grobogan, Blora dan Rembang .

H. Mustamaji Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pati usai memantau Venue bersama Kapolresta Pati menyampaikan, nantinya ada dua arah pawai obor Api Mrapen ini.

Obor pertama dari arah desa Mojo kecamatan Cluwak dan Obor Api Mrapen ke dua dari perbatasan Rembang – Pati didesa Gajah kumpul Kecamatan Batangan.

”Obor api Mrapen ini dari dua arah, baik Rembang maupun Jepara yang di bawa dengan iring- iringan mobil dijadwalkan masuk ke Pati sekira 16.30 WIB. Yang dari Jepara akan di terima 4 atlet di perempatan Bleber Pati sedangkan Obor dari Rembang diterima 4 atlet di Perempatan Jago, Pati Kota,” tutur Mustamaji.

Nantinya, obor Api Mrapen akan di terima Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro diinapkan semalam di Pendopo Kabupaten Pati. Tanggal 5 sekitar jam 17.00 Api Mrapen akan diarak kembali ke Stadion Joyokusumo Pati menjelang pembukaan Porprov Jateng pada 5 Agustus 2023.

“Menjelang pawai Obor Api Mranggen, dari pendopo Kabupaten Pati menuju stadion Joyokusumo Pati sekitar jam 17.00 wib masyarakat bisa menyaksikan di jalan- jalan yang akan dilewati”. Pungkasnya ( Agus )