Jepara – Pengunjung Pantai 1000 ranting desa panggung kecamatan Kedung  Minggu (14/10), tak hanya dibuat terpukau dengan acara ulang tahun 1 Pantai dan juga HUT 73.  Tetapi  pengunjung juga dibuat takjub oleh atraksi ratusan layang-layang yang mengikuti lomba layang layang.

Bukan layang-layang biasa yang kerap dimainkan anak kecil, yang membuat ratusan pasang mata dibuat kagum. Melainkan layang-layang yang unik dan menarik perhatian mulai desain, ukuran dan cara menerbangkannya.

Fajar adalah  adalah satu dari sekian pemilik layang-layang yang memukau pengunjung di sana. Pria asal Magelang ini menerbangkan layangan yang berbentuk  nama Naga . Layangan memiliki panjang kurang lebih 110 meter dan bisa diterbangkan dalam kecepatan hingga sekitar 12 knot.

Layang layang berbentuk naga itu dibuat oleh R. Sunarwan pimpinan  Komunitas layangan Magelang “ Pangeran Petruk”.  Fajar  yang merupakan anggota  dari komunitas layangan dengan membawa koleksi layangan diantaranya berbentuk naga .ia datang bersama anggota lain Nanda yang masih muda.

Ia suka layang layang karena ayahnya yang juga  menekuni hobinya merakit layang-layang  sehingga jika ada event even di luar kota ia sering datang untuk menjajal kemampuannnya dalam merakit dan juga menerbangkan layang layang unik bergambar Naga.

Nanda yang yang ditemui di arena lomba Layang Layang HUT ke 1 Pantai 1000 Ranting dan HUT TNI ke 73 mengatakan, untuk menerbangkan Layang Layang berbentuk naga dengan panjang 110 meter cukup kesulitan . Namun berkat kerjasama Tim Layangan Unik dan membuat kagum penonton itu akhirnya berhasil di terbangkan.

“ Pantai Panggung ini untuk landas Pacu Layangan yang panjang cukup kesulitan , meskipun setelah naik ke atas kita tidak kesulitan lagi mengendalikannya. Ibarat pesawat yang sulit adalah ketika tak Off nya . Setelah sampai diatas perjalanan layang layang akan lancar “, papar Nanda

Selain membawa Layangan berbentuk kepala naga , timnya juga membawa layang layang berbentuk Lampu Teplok , Wayang Bathara Kala dan juga Wayang berbentuk Punakawan. Di Jepara ini ia bersama rombongan tidak mengejar target untuk juara . Namun hanya silaturahmi saja antar sesama penggemar layang-layang.(Muin)