Karnaval dengan mengarak gunungan berupa hasil bumi desa 

Jepara – Desa Kaliombo kecamatan Pecangaan mulai Selasa 4 Juli 2023 menggelar rangkaian acara Sedekah bumi dengan mengadakan karnaval gunungan yang diikuti seluruh unsur warga. Mulai dari Petinggi perangkat desa dan kelompok masyarakat ikut dalam iring iringan karnaval aneka gaya keliling desa.

Selain Karnaval pada siang hari acara dilanjutkan malam hari dengan gelaran seni tayub dan orkes dhangdhu. Untuk seni Tayub merupakan seni tradisional dengan penggemarnya generasi sepuh. Sedangkan untuk orkes dhangdhut merupakan kesenian modern dengan penggemar anak nak muda jaman now.

Pada hari Keduan Rabu 5 Juli 2023 ada Tiga acara yang digelar di desa ini yang pertama adalah pagelaran Wayang Kulit mulai jam 09.00 – 14.00 . Sore harinya mulai jam 16.00 – 17 selametan sedekah bumi dan malam harinya dilanjutkan hiburan Kethoprak mulai pukul 19.00 – selesai pagelaran kesenian tradusional Kethoprak.

Selanjutnya pada hari ke 3 yaitu Kamis 6 Juli 2023 acara sedekah bumi di desa Kaliombo dilanjutkan dengan Khotmil Qur’an jam 09.00 – 12.00 . Sedangkan sore harinya digelar Festival rebana sedesa Kaliombo an desa tetangga. Dan malam harinyanya diisi dengan istighosah, sholawatan dan Pengajian umum.

Informasi digelarnya sedekah bumi di desa Kaliombo ini sudah jauh hari disebarkann di media sosial sehingga pelaksanaan hari pertama Karnaval cukup meriah. Semua warga sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Selain itu para pedagang yang mremo di event ini juga ramai sekali.

Nai itulah sekelumit informasi tentang sedekah bumi desa Kaliombo kecamatan Pecangaan kabupaten Jepara . Semoga bermanfaat. ( Muin )