Mayat dievakuasi Tim Relawan Gabungan untuk diidentifikasi lebih lanjut (Foto: Dok KRJ Jepara )

Jepara – Warga dan pengunjung Pantai Kartini, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah digegerkan dengan penemuan mayat. Mayat tanpa identitas itu mengapung tak jauh dari bibir pantai.

Jenazah berjenis kelamin laki-laki itu pertama kali dilihat warga sekitar pukul 15.50 WIB, Rabu (28/12/2022). Muhtadi (63), mengaku pertama kali melihat mayat tersebut mengapung terseret arus.

Mayat tersebut pertama dievakuasi berada di kedalaman sekitar dua meter. Sedangkan posisinya berada sekitar 200 meter dari bibir pantai.

“Mayat menuju pinggir pantai terbawa arus dan angin. Saya langsung menceburkan diri. Langsung saya tarik ke pinggir,’’ kata Muhtadi, saat ditemui Murianews saat evakuasi jenazah.

Mayat tersebut telihat sudah menggelembung. Kulitnya sudah memucat dan sudah berbau menyengat. Saat ditemukan, jasad itu masih mengenakan celana hitam dan berkaos hitam.

Setelah tiba di pingggir, Muhtadi merogoh kantong saku pada pakaian yang dikenakan mayat. Namun, warga setempat itu tak mendapati identitas apapun.

’’Saya kira mayat sudah mengapung di laut selama sepekan. Karena sebagian besar bagian tubuhnya, wajahnya sudah tak bisa dikenali lagi. Sudah membusuk. Rambutnya sudah tidak ada,’’ terang dia.

Muhtadi menduga, mayat tersebut merupakan orang yang sebelumnya sedang memancing. Karena cuaca buruk dan gelombang tinggi, mayat itu diduga dihantam ombak tinggi.

Saat ini, mayat dibawa Tim SAR Gabungan ke RSUD RA Kartini Jepara untuk dievakuasi dan diidentifikasi lebih lanjut.