Jepara – Salah satu buah yang digemari warga adalah durian sayangnya tahun ini Jepara yang dikenal sebagai penyuplai buah durian berkualitas hasilnya tidak begitu bagus. Sehingga kini harga buah durian asli dari Jepara ini harganya cukup tinggi dibandingkan dengan durian luar Jepara. Sebenarnya Jepara mulai panen buah durian adalah bulan Desember ini. Sehingga durian yang dijual sebelum bulan ini adalah durian yang di datangkan dari luar Jepara.

“ Kalau durian Jepara panennya baru bulan Desember ini . Namun sayang mungkin karena cuaca hasilnya kurang bagus. Contohnya dari 7 pohon durian milik embah saya hanya satu yang berbuah bagus lainnya buahnya tidak bagus . Saya jualan durian ya sekitar 4 bulanan , namun saya menjual Jepara ya baru bulan desember ini. Sebelumnya saya datangkan buah durian dari Bali, Lampung dan juga daerah Sumatera yang lain “, aku Salim warga desa Raguklampitan kecamatan Batealit pada kabarseputarmuria Senin 26/12/2022

Salim yang juga berjualan Madu mengatakan usaha penjualan buah durian di rumahnya adalah usaha istrinya. Sepulang mengajar di PAUD waktunya luang sehingga kepikiran untuk berjualan durian. Karena pohon buah durian di Jepara belum berbuah iapun kulakan mendatangkan buah durian bersama sama temannya dari luar Jepara. Durian setelah datang kemudian dibagi bagi untuk dijual di seputar Jepara.

“ Satu kali ambil durian biasanya satu truk daerah pengambilannya tergantung stok bisa dari Jawa , Sumatera atau sampai Bali. Tetapi dari pengakuan pelanggan rasa durian dari luar Jepara masih ada yang kurang. Kalau durian Jepara ciri khasnya adalah manis pahit yang membuat ketagiha. Kalau saat ini durian yang saya jual adalah durian lokal Jepara karena pohon durian disini sudah mulai panen “, kata Salim.

Untuk buah durian lokal Jepara yang dijualnya Salim menjamin kualitasnya sehingga ia memberikan garansi ganti durian baru jika rasanya hambar tidak manis. Dengan jaminan inilah setiap hari orang datang untuk membeli dan merasakan durian di rumahnya. Selain warga lokal Jepara banyak pembeli yang datang dari luar daerah seperti Demak , Kudus , Semarang bahkan ada yang datang dari Pati.

“ Kalau untuk durian lokal dari Jepara ini saya menjamin pembeli harus puas . Jika ada durian yang ketika dimakan rasanya tidak manis atau anyep (bhs Jawa) langsung saya ganti. Demikian juga yang sistem COD atau antar ke tempat durian yang di beli pembeli langsung di tester dulu sebelum di beli dengan mengambil sampel. Kalau cocok di beli kalau tidak cocok yang nggak jadi “, kata Salim yang telah berjualan Madu lebih 10 tahun.

Untuk harga jual durian lokal Jepara ini menurut Salim tergantung kondisi buahnya jika besar dan ditester manis legit sebagai ciri khas durian Jepara harganya bisa mencapai Rp 200-250 ribu perbuah. Sedangkan rasanya yang manis biasa dan tidak terlalu besar ya mulai Rp 50 ribuan sudah bisa merasakan durian lokal Jepara. Oleh karena itu ia menyarankan jika mau merasakan buah durian lebih baik datang ke penjual dibuka ditempat dan dirasakan.

“ Memang banyak pembeli yang kecewa ketika membeli buah durian di pinggir pinggir jalan misalnya dan langsung di bawa pulang . Ketika sampai di rumah di buka dan di makan bersama rasanya hambar abahkan ada yang tidak bisa di makan . Nah kalau memang ingin merasakan buah durian langsung dimakan di tempat dan minta garansi jika tak cocok harus diganti “, jelas Salim .

Nah bagi anda penggemar buah durian utamanya lokal dari Jepara yang rasanya manis pahit legit bisa datang ke tempat Mas Salim Madu atau mbak Alfi Nurul Hidayah SPd Komplek Pondok Pesantren Bukhoriyah desa Raguklampitan RT 17 RW 04 kecamatan Batealit kabupataen Jepara no HP 082324259862