Jepara – Saat ini pohon durian Jepara mulai panen namun karena cuaca yang tidak mendukung selain banyak hujan juga angin kencang membuat pohon durian yang gagal berbuah. Oleh karena itu harga buah durian lokal Jepara yang kualitas bagus harganya cukup tinggi ada yang sampai Rp 250 ribuan. Jika yang biasa kecil mulai Rp 50 ribuan sudah dapat.

Namun agar anda penggemar durian tidak kecewa setelah membeli buah durian maka lebih baik anda membeli dan langsung memakannya di tempat. Jika anda membeli di tempat lalu di bawa pulang biasanya para pedagang tidak menjaminnya jika durian yang dibelinya rasanya hambar. Oleh karena itu agar tidak kecewa teliti sembelum membeli dan rasakan langsung di tempat.

Mbah Sokhib salah satu netizen di akun Faceboknya curhat dan kecewa ketika membeli buah durian ini.  Buah durian seharga Rp 400 ribu yang dibelinya semuanya tak layak makan. Hanya satu buah saja yang rasanya masuk dilidah itupun buahnya tidak besar .Sehingga ia cukup kecewa dengan kondisi ini dan tidak terulang lagi.

“ Nek tuku duren dipangan nggone wae , sebab bakule yo durung mesti ngerti njerone hanya perkiraan opo maneh wong anyaran sing lagi reti duren . Tak cukup aku wae sing kapusan duren Rp400 ewu  ora kena dipangan kabeh “, tulisnya yang mendapat 57 komentar dari sesama netizen.

Melihat kondisi itu Salim warga Raguklampitan kecamatan Batealit tidak menampik hal itu memang ada pedagang yang tidak tahu buah durian . Oleh karena itu ia memberikan jaminan kepada seluruh pelanggannya bahwa durian yang dibeli darinya harus memuaskan pelanggan. Sehingga ia menyarankan untuk datang ke tempat penjual dan langsung di makan di tempat. Jika durian tak berasa dan tak layak makan ia langsung menggantinya.

“ Nah agar tak terjadi hal seperti diatas yaitu pembeli kecewa maka disarankan pembeli durina membeli durian ditempat langsung di tempat. Jika mau dibawa pulang harus benar benar di cek dalamnya dan jangan hanya dirasakan baunya. Caranya dengan membuka sedikit belahan buah durian lalu mengambil sampel dan merasakannya jika cocok baru dibayar dan dibawa pulang”, kata Salim .

Namun untuk mendapaatkan buah durian Jepara dengan kualitas bagus manis pahit dan legit. Saat ini harus merogoh kocek yang dalam. Karena hasil produksi buah durian tahun ini di jepara tidak begitu banyak karena kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Seperti pohon durian milik mbahnya di desa Raguklampitan 7 pohon hanya 1 pohon yang bisa diambil buahnya dengan kualitas bagus. Hampir semua desa penghasil buah durian mengalami kondisi seperti itu .

“Agar tidak kecewa saran saya datang saja langsung ke penjual dan makan di tempat .Kalau memang tidak layak nanti akan diganti yang baru . Saya jualan juga begitu yang datang ke tempat saya harus puas kalau puas pasti akan datang lagi bawa teman. Itu sudah saya praktekkan pelanggan akan datang sendiri jika puas pada durian yang dibeli “ Salim. (Pak Muin)