Jepara, Rabu, (20/01/2021) โ€“ Dalam rangka pengabdian di masyarakat dan upaya meningkatkan minat baca masyarakat Desa Karanganyar Kec. Welahan Kab. Jepara, Mahasiswa KKN MIT DR UIN Walisongo Kelompok 7 mengadakan kegiatan bersih-bersih di perpustakaan desa. (15/01/2021)

Minat baca tulis sangat jarang diminati. Apalagi dalam era globalisasi saat ini, baca tulis mulai tergerus dengan canggihnya teknologi gadget. Hal tersebut dilihat oleh anggota Kuliah Kerja Nyata (KKN) MIT DR XI Kelompok 7 UIN Walisongo Semarang ingin menumbuhkan budaya membaca di beberapa desa tersebut dengan melakukan kegiatan bersih-bersih perpustakaan desa.

Mulai dari bersih-bersih dan penataan ruangan sampai penataan buku-buku berdasarkan klasifikasinya. Buku-buku di perpustakaan tersebut adalah bantuan dari Pemerintah Daerah Jawa Tengah. Isinya pun bermacam-macam, ada buku pembelajaran anak sekolah, buku pengetahuan, kabar berita, kitab pesantren dan cerita novel.

Kepala desa sangat mendukung kegiatan ini, terbukti bahwa Mahasiswa KKN sangat disambut dengan baik di desa, kami berterima kasih kepada para mahasiswa KKN UIN Walisongo atas kedatangannya di kantor balai desa kami dengan kegiatan bersih-bersih ini, ucap Bapak Zaenal Abidin S. Pd selaku kepala desa Karanganyar.

Kegiatan ini dilakukan agar perpustakaan di desa dapat dimanfaatkan oleh warga terlebih bagi anak-anak yang masih menempuh pendidikan.

Kegiatan bersih-bersih dan menata buku perpustakaan desa merupakan sebagai langkah awal menumbuhkan minat baca anak-anak desa. โ€œKami berharap dengan aksi bersih perpustakaan ini, semangat budaya membaca di desa ini muncul kembali dan bisa merawat serta memuliakan buku. Sekarang perpustakaan Desa Karanganyar sudah bersih dan rapiโ€. Ujar Irfan Selaku Ketua Koordinasi KKN MIT DR XI Kelompok 7 UIN Walisongo.