Oleh : Sholikhatun ,S Pd  Guru SMPN 1 Pecangaan Jepara 

Berkembangnya teknologi mempermudah kita dalam melakukan segala hal. Demikian pula halnya dengan bidang pendidikan. Teknologi akan mempermudah guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya di kelas. Tidak hanya dalam pembelajaran di dalam kelas saja yang bisa mempermudah pekerjaan guru berkat perkembangan teknologi. Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) juga bisa dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi.

Pekerjaan Rumah (PR) zaman now? Ya. Kenapa tidak ? Memberi PR siswa dalam bentuk permainan! Tentu saja tidak sembarang game, tetapi game pembelajaran. Game yang memiliki keunggulan, menantang dan menyenangkan. Game pembelajaran yang menantang dan menyenangkan dapat dibuat dengan Quizizz.com.

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan untuk pembelajaran. Game pembelajaran ini memiliki banyak keunggulan, sangat menantang dan menyenangkan.   Quizizz dapat dimainkan di kelas langsung (live), atau sebagai PR ( Home work).

Dengan kuis siswa akan ditantang karena ada skor yang diperoleh dengan cepat dan tepat, dan kecepatan juga akan ada skor tersendiri. Akan ada persaingan karena kuis akan langsung membuat peringkat yang menantang hidup antar peserta kuis. Menyenangkan karena ada suasana musik untuk menyemangati dan juga meme yang lucu yang menyemangati mereka dalam mengerjakan soal.

Selain bersegi positif terhadap para siswa game ini mempermudah para guru maupun siswa untuk mengupgrade pemahaman seputar kompetensi dasar yang harus dipenuhi. Game quizizz memungkinkan guru maupun siswa dapat mengakses alamat gamenya. Guru tidak perlu lagi repot-repot mengoreksi karena nilai langsung keluar seusainya para siswa mengerjakan soal.

Guru juga biasa mendeteksi siswa-siswa  yang kurang memahami dan mengetahui bagian materi yang paling susah. Jadi guru dapat mengetahui analisa butir soal yang dapat diunduh dalam bentuk file excel. Disisi lain motivasi siswa untuk bertambah giat belajar juga akan terbentuk, karena pada saat mengerjakan soal rangking akan terlihat di layar monitor. Prosentase menjawab peserta kuis juga bisa terlihat. Artinya semakin besar jawaban peserta kuis yang benar semakin besar prosentasenya.

Untuk mengikuti perkembangan teknologi itulah saya sebagai guru di SMP N 1 Pecangaan mencoba untuk mengaplikasikan pembelajaran online dengan quizizz di sekolah saya. Sekilas memang ironis pembelajaran ini dilakukan, karena SMP N 1 Pecangaan menerapkan tata tertib bahwa para siswa tidak boleh membawa dan menggunakan handphone di sekolah.

Namun tata tertib itu tidak hanya berhenti sampai pada kalimat tidak boleh membawa dan menggunakan handphone , tetapi ada perkecualian kalau untuk pembelajaran. Siswa boleh membawa handphone ke sekolah dengan syarat dikomunikasikan pada wali kelas terlebih dulu karena siswa harus menitipkan handphone miliknya kepada guru mata pelajaran yang mengampu dengan pembelajaran online ataupun dititipkan pada wali kelas atau guru BK. Dengan demikian permasalahan tata tertib dan pembelajaran yang berbasis android bisa seiring berjalan.

Langkah pertama saya memulai pengenalan pembelajaran online game quizizz di kelas unggulan pada jam tambahan. Kalaupun pelaksanaan pembelajaran online ini bisa dilaksanakan di laboratorium Bahasa, namun saya meminta para siswa untuk mengaksesnya dengan android mereka. Dengan antusiasnya mereka mengerjakan soal dengan penuh tantangan walaupun proses pembelajarannya disiang hari.

Sambil mengerjakan soal sesekali mereka melihat di layar LCD posisi mereka diperingkat keberapa. Betapa riuhnya mereka tatkala jawaban yang mereka pilih betul, dan sebaliknya terdengar suara yang memelas tatkala jawaban yang mereka pilih salah. Setelah semua selesai mengerjakan soal dan game online ini berakhir mereka dengan penuh percaya diri akan kemampuannya mengetahui hasil pekerjaannya. Mereka sungguh sangat menikmati pembelajaran ini, dan berharap untuk mendapatkan pembelajaran online seperti itu lagi.

Dengan pengalaman pertama pembelajaran online game quizizz itu yang mencapai tingkat keberhasilannya 81% saya mencobakan di kelas yang lain, dan ternyata para siswa memang menyukai pembelajaran model online dengan game quizizz ini. Mereka tidak merasa kalau mereka sedang belajar.  Perasaan mereka adalah mereka baru memainkan  game. Mereka yang tadinya kurang memperhatikan dalam pembelajaran menjadi tertarik untuk belajar karena ada tantangan dan peringkat yang langsung mereka lihat di layar LCD sewaktu mereka mengerjakan soal.

Model pembelajaran game secara langsung ( live ) memang menarik, menantang dan menyenangkan. Selain para siswa menikmati saya bisa langsung mendapatkan nilai, analisis butir soal, mengetahui prosentase keberhasilan dan materi mana yang sulit sehingga saya bisa menindaklanjuti untuk memecahkan solusinya. Siswa yang kemampuannya kurang bisa langsung terdeteksi letak kelemahannya pada soal apa.

Selain quizizz ini saya laksanakan secara langsung ( live ) saya juga melaksanakan dengan model homework. Dengan membagikan alamat URL soal quizizznya dan memberi jangka waktu pengerjaannya  para siswa bisa mengerjakan soal di rumah dengan memasukkan nomer kode yang sudah dibagikan.

Sama seperti model pembelajaran secara langsung ( live ) model pengerjaan homework ini para siswa bisa langsung melihat hasil pekerjaannya, dan saya sebagai guru bisa langsung mengetahui nilai, analisis butir soal, prosentasi ketercapaian dan peringkat siswa.

Semoga dengan model pembelajaran online seperti ini para siswa bisa mengubah mindset mereka untuk selalu lebih giat belajar sehingga dapat menjadi insan yang berbudi, pandai, dan penuh tanggung jawab.