Jepara – Sepeda saat ini kembali di gemari oleh warga mulai keluaran terbaru sampai dengan sepeda jadul atau kuno. Salah satu Komunitas penggemar sepeda jadul ini adalah OTW ( Onthel Teluk Wetan) desa Teluk wetan kecamatan Welahan. Komunitas ini dulunya hanya beberapa  orang saja. Setelah terus disosialasikan lewat nggowes bareng njajah desa Milang Kori setiap hari Minggu jumlah anggota terus bertambah hingga sekarang ada sekitar 40 warga yang bergabung.

Mas Darto salah satu anggota OTW mengatakan  sepeda yang dimiliki komunitasnya hampir semuanya sepeda jadul atau kuno. Dilihat dari bodi rangkanya , lampu , pedal dan lampunya semua model lama. Ini bertujuan untuk melestarikan sepeda jadul agar di ketahui masyarakat. Meski sepeda lama jika dirawat dengan baik bisa digunakan nggowes njajah desa  dan tidak kalah dengan keluaran baru.

“ Meski kuno seperti ini harganya ada yang mencapai Rp 10 juta karena asesoriesnya. Namun demikian anggota kami rata-rata sepedanya ya harga standar . Yang penting bisa dinaiki dan bisa nggowes jika hari libur seperti hari ini “, kata Mas Darto yang ditemui kabarseputarmuria di Pantai 1000 ranting Panggung Minggu (18/11).

Bersepeda menurut mas Darto banyak manfaatnya , selain ihtiar untuk kesehatan ,bersilaturahmi sesama kawan dan bisa mengunjungi daerah di sekitar dengan biaya yang murah.Oleh karena itu setiap Hari Minggu atau libur seluruh anggota tetap keluar desa nggowes bersama. Dengan bersepepeda juga melatih kesabaran dan kebersamaan . Tertib lalu lintas dan juga menginspirasi kawan lainnya untuk bergabung dalam komunitas.

“ Awal berdirinya komunitas ini hanya beberapa orang saja , namun setelah warga melihat kekompakan kita mak a satu persatu warga yang mempunyai sepeda jadul mulai bergabung,saat ini anggota kita mencapai 40 orang dan mungkin ke depan bertambah terus “, kata Mas darto lagi

Hari Minggu 18 Nopember OTW mengagendakan mengunjungi Pantai Seribu Ranting di desa Panggung. Sekitar pukul lima anggota berkumpul lalu berangkat bersama sama menyusuri desa desa seperti Manyar Gading ,Gerdu, Kaliombo , Tedunan , Karangaji ,Kedung malang dan Panggung. Sesampainya dipantai rombongan beristirahat sejenak untuk minum kopi dan menikmati pemandangan pantai. Setelah selfi selfi merekapun pulang bersama sama menuju ke desa Teluk Wetan. (Muin)