Jepara – Jembatan Mbungpis yang melintas di atas sungai SWD II di desa Gerdu kecamatan Pecangaan kondisinya saat ini semakin  memprihatinkan. Selain pegangan patah ,kayu pijakan banyak yang copot. Namun iembatan ini masih padat lalu lintasnya meski hanya sepeda motor , sepeda , orang yang lewat diatasnya.

Setiap harinya ribuan pengendara yang melewati jalan ini. Mereka adalah orang Demak yang bekerja di Jepara atau sebaliknya. Selain itu banyak pula petani , pedagang , pelajar yang setiap hari lewat jembatan yang bergoyang ini. Jika ada sepeda motor yang lewat suaranya bergemuruh karena pijakan kayu , aspal sudah mengelupas.

Pada musim panen padi bulan ini jembatan ini juga menjadi salah satu jembatan untuk menyeberangkan hasil padi dari sawah menuju rumah warga atau jalan raya. Setiap hari ratusan tukang ojek padi melewati jembatan ini membawa padi. Satu sepeda motor mengangkut 2-3 zak padi dengan berat sekitar 50 Kg.

Meski was-was namun para tukang ojek tetap memaksakan untuk melewati jembatan ini. Jembatan Mbungpis ini merupakan satu-satunya jembatan penghubung swah warga dengan perumahan warga desa Gerdu. Jika tidak lewat jembatan ini warga harus memutar hingga 10 Km untuk menuju sawah mereka.

“ Lah gimana lagi pak , jembatan ini satu satunya jembatan yang mengangkut hasil pertanian. Meski goyang-goyang dan bergelombang kayak gini ya kita lewati setiap harinya.Meski di hati ini was was namun gimana lagi “, kata Nur Ahmad salah satu tukang ojek padi pada kabarseputarmuria.com

Nur Ahmad mengatakan inginnya warga jembatan Mbungpis ini diperbaiki misalnya pijakan diganti kayu yang baru atau di beton. Sedangkan pegangan kanan kiri juga digantikan yang bagus karena sudah banyak yang putus atau lapuk. Begitu juga besi-besi yang berkarat juga dibantikan yang baru.

“ Kasihan warga sini pak , hanya satu jembatan ini untuk mengangkut hasil pertanian. Selain itu jembatan ini setiap harinya cukup ramai dilewati kendaraan roda dua . Dulu masih bagus bisa juga dilewati kendaraan roda empat”, tambah Nur Ahmad.

Dari pantauan kabarseputarmuria Jembatan Mbungpis ini sudah viral di media social karena kerusakannya . Ada informasi yang diadaptkan jika jembatan ini oleh Bupati Jepara Ahmad Marzuki dimintakan anggaran ke Pemerintah pusat untuk pembangunannya. Namun bebarapa hari ini sduah ada perbaikan meski kecil yaitu penggantian pegangan yang hilang , juga pijakan kayu yang copot di beberapa tempat. (Muin)