Jepara – Tumpukan sampah yang menumpuk di belakang pasar Pecangaan membuat pemandangan yang tidak sedap . Selain itu bau yang ditimbulkan juga tercium hingga puluhan meter. Kondisi ini terjadi beberapa bulan belakangan ini setelah adanya kiriman sampah dari warga entah dari mana tidak ada yang tahu.

“ Biasanya mereka membuang sampahnya malam hari , warga sekitar pasar tidak tahu . Biasanya mereka membuang sampahnya sembarangan tidak dimasukkan ke dalam bak ini . Mereka kebanyakan naik motor atau mobil “, ujar pak No warga yang memanfaatkan sampah dari bak sebelum dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Sam pah dari pasar menurut pak No tidak begitu banyak . Petugas kebersihan pasar biasanya usai membersihkan dalam pasar sampahnya dimasukkan ke dalam bak yang telah disediakan. Namun yang menimbulkan bau adalah sampah dari rumah tangga berupa sisa makanan dan juga barang basah lainnya.

“ Contohnya dari beberapa plastic ini kebanyakan bukan sampah dari pasar , namun sampah dari rumah tangga dan juga warung warung pinggir jalan. Kalau sampah pasar biasanya daun-daunan, kertas dan plastic justru masih bisa saya manfaatkan “, papar pak No.

Agar kondisi ini tidak berkepanjangan dan suasana belakang pasar Pecangaan bersih . Diharapkan adanya kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Terutama warga yang membuang sampah seharusnya dimasukkan dalam bak yang telah disediakan. Agar petugas yang menganngkut sampah ke TPA tidak kesulitan.

Namun sayangnya warga yang membuang sampah kebanyakan malam hari . Sehingga tidak ada pengawasan dari petugas atau orang disekitarnya sehingga kejadian ini akan berlangsung terus tanpa ada akhirnya. (Muin)