Demak – Desa Kedungmutih kecamatan  Wedung  saat ini sebagai salah satu desa pemasok hasil laut. Selain ikan dan udang masih ada hasil laut lainnya seperti kepiting ijo ,rajungan dan keong macan. Di desa ini ada puluhan pengepul hasil laut salah satunya adalah Bang Muin yang braknya ada di kampung relokasi.

Setiap pagi hingga sore ia menunggui braknya untuk menunggu para nelayan yang menjual hasil melaut . Ada rajungan , kepiting hijau , Keong macan dan juga udang . Setidaknya ada 25 nelayan yang menjadi langganannya. Hasil laut hasil kulakan itupun setiap harinya ia setorkan ke pabrik di daerah Batangan Pati.

“ Kalau kondisi ramai setiap harinya saya bisa setorkan rajungan matang sampai dua kwintal lebih . Untuk keong macan bisa membawa 1 kwintal. Tetapi jika kondisi sepi ya paling separuhnya kurang dikit “, kata Bang Muin yang menekuni usaha ini kurang lebih lima tahun.

Bang Muin mengatakan di desa Kedungmutih pengepul seperti dirinya ada sepuluh orang lebih. Mereka mempunyai pelanggan nelayan sendiri-sendiri. Untuk penyetoran barangnya juga kemana-mana . Ada yang dijual sendiri eceran di pasar-pasar ada juga yang disetorkan ke pengepul besar atau pabrik.

Untuk harga komuditas laut ini selalu fluktuatif atau naik turun tergantung pasokan atau hasil para nelayan. Jika hasil banyak harga bisa lebih miring namun jika kondisi laut sepi maka harganya akan naik selangit. Apalagi jika musim barat harga bisa naik berlipat.

“ Untuk hari ini harga rajungan berkisar Rp 80 ribu – Rp 90 ribu setiap kilogramnya. Sedangkan keong macan seperti ini harganya Rp 30 ribu – Rp 40 . Untuk saat ini harga hasil laut cukup tinggi sehingga nelayan dapat sedikit sudah lumayan hasilnya”, tambahnya.

Selain untuk disetorkan ke pabrik di daerah Batangan Pati setiap harinya Bang Muin juga melayani pembelian eceran bagi orang yang ingin membeli hasil laut seperti Rajungan , Kepitin9 ijo , keong macan dan juga udang sekat dan lobster. Adapun lokasinya di kampung relokasi pinggir tanggul. Adapun nomor HP yang bisa dihubungi adalah 081282519815 . (MN)