Demak – Pilkada Demak makin dekat PPK sebagai tangan panjang KPU terus memberikan sosialisasi pada masyarakat pemilih. Berbagai cara dilakukan agar gawe besar memilih pemimpin Demak lima tahun ke depan bisa berlangsung sukses , aman , jujur dan adil.

Wahid Suudi ,S Pdi Ketua PPK Wedung mengatakan , fihaknya saat ini terus melakukan sosialisasi Pilkada Demak. Salah satu tahapan yang dilakukan adalah pemasangan APK dan juga Daftar Pemilih Sementara (DPS). APK dan DPS ini dipasang ditempat-tempat strategis agar diketahui oleh masyarakat pemilih .

“ Dari data yang ada pada kami jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPS sebanyak 62.879 pemilih dengan komposisi laki-laki 31.906 dan perempuan 30.973 orang. Sedangkan jumlah TPS di seluruh Wedung ada 129 lokasi “, kata Wahid.

apk7

pemasangan APK desa Mutih Wetan

 

apk6

 

apk5

 

 

Dengan dipasangnya DPS itu ia berharap , masyarakat pemilih bisa mengecek nama-nama yang ada. Apakah namanya sudah tercantum di DPS atau belum. Jika belum ada secepatnya masyarakat atau warga bisa melapor kepada petugas pemilu di desa yaitu PPS.

Sedangkan untuk sosialisasi kepada warga pemilih selain pemasangan APK ia juga ada terobosan dengan berbagai cara. Diantaranya melalui pertemuan dibalai desa , pertemuan jamiyah sampai dengan pengajian umum. Di acara itu fihaknya memberikan penjelasan kepada warga tentang informasi pemilihan umum secara jelas.

“ Kemarin ketika ada pengajian dalam rangka sedekah bumi di desa Jungsemi kami secara khusus ikut memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat. Saya lihat warga cukup antusias mengikuti acara sosialisasi ini “, tambah Wahid.

Ditambahkan pula , KPU saat ini telah membuka pendaftaran sebagai anggota KPPS . Oleh karena itu dia berharap anggota masyarakat memanfaatkan kesempatan yang baik ini dalam rangka ikut mensukseskan pelaksanaan Pilkada. Informasi teknisnya bisa dilihat di masing PPS yang ada di Wedung.

“ Memang ada persyaratan khusus untuk mendaftar sebagai anggota KPPS. Oleh karena itu warga masyarakat tidak perlu takut mendaftarkan diri sebagai anggota KPPS datang saja ke PPS desa setempat tanyakan apa saja syaratnya jika memenuhi langsung daftar saja “, katanya lagi. (Muin)

Foto-foto : PPK Wedung