Jepara – Nama lengkapnya Muhammad Ahsanunniam namun teman-temannya sering memanggil Niam saja. Ia saat ini masih sekolah di SMK Walisongo jurusan TKJ kelas 11. Rumahnya di desa Dongos kecamatan Kedung kabupataen Jepara.

Meski masih sekolah namun Niam sudah mulai belajar bekerja. Sore hari mulai jam 4 sore ia mempunyai kegiatan menjaga stand mainan Happy Kids Playground di salah satu kios Terminal Pecangaan. Dari rumahnya ia naik motor sejauh 8 Km .

“ Belum ada satu tahun . ketika kelas 10 dulu pernah jaga odong -odong terus ada yang nawari jaga mainan ini ya kita terima. Daripada dirumah tidak ada kegiatan mending jaga disini bisa dapat uang untuk bantu orang tua “, kata Niam.

Ia manjaga stand mainan ini mendapatkan upah mingguan . Seminggunya ia mendapatkan bayaran Rp Rp 210 ribu . Meskipun tidak besar bagi orang lain namun bagi Niam uang itu bisa digunakan untuk tambahan jajan dan juga membantu adiknya. Meski sedikit ia tetap bersyukur daripada tidak ada sama sekali.

Adapun jam kerja menjaga stand mainan berawal dari jam 4 sore – jam setengah 10. Happy Playground terminal Pecangaan menyediakan aneka permainan sederhana anak anak aseperti di mall. Adapun tarip atau tiketnya Rp 10 ribu main sepuasnya. Tidak ada batasan waktu atau jam jaman seperti di mall atau tempat lain.

Ia mengaku tidak malu latihan bekerja sebagai penjaga stand mainan. Justru ia senang karena mengisi waktu luangnya bisa digunakan untuk mendapatkan uang. Di sela sela menjaga stand ia bis abaca buku buku dan mengerjakan tugas di sekolahnya.

“ Kalau nanti lulus SMK saya langsung kerja apa saja . Kalau kuliah pusing memikirkan biaya karena orang tua kurang mampu . Jadi ya mending kerja bisa meringankan beban orang tua “, kata Niam menutup sua. ( Pak Muin)