Syafii warga desa Surodadi kecamatan Kedung kabupaten Jepara tunjukkan tempat petilasan /makam mbah Dalang

Jepara – Di desa Surodadi kecamatan Kedung  ada satu makam atau petilasan yang sejak dulu dikenal orang dengan sebutan Mbah Pathok Dalang atau Mbah Dalang. Saat ini makam atau petilasan ini  masih ada berupa gundukan tanah di tengah area persawahan. Tanah selebar dua meter persegi itu ditumbuhi rumput liar.

Dilihat dari kondisi di lapangan makam atau petilasan ini kurang terawat . Tidaklah ada bangunan atau minimal pagar yang menaunginya. Namun sebagian warga meyaqini jika tempat tersebut merupakan petilasan atau makam Mbah Dalang atau Pathok Dalang. Tokoh ini merupakan tokoh sentral desa Surodadi di masa lampau.

“ Memang tidak semua orang percaya disini merupakan makam atau petilasan Mbah Dalang. Namun saya dan keluarga meyakini jika di tempat ini adalah tempatnya. Jadi sampai sekarang tanah ini dibiarkan tidak ikut diratakan dengan tanah lain untuk tanam padi “, kata Syafi’I warga desa Surodadi pada kabarseputarmuria Kamis 3/10/2024.

Syafii menambahkan cerita orang orang terdahulu mengapa tokoh tersebut mendapat panggilan sebagai Mbah Dalang karena di malam malam tertentu dari tempat ini terdengar pertunjukan wayang. Selain itu dalan kondisi area persawahan terendam air . Tempat tersebut masih terlihat dari kejauahan atau tidak kebanjiran,

“ Memang untuk suara suara gamelan dan dalang yang memainkan wayang saat ini tidak terdengar lagi. Namun jika kondisi sawah banjir tempat ini tidak terendam air banjir masih nyata . Itulah mengapa saya masih meyakini jika tempat ini keramat sebagai makam atau petilasan mbah Dalang “, tambah Syafi’I

Karena lokasinya berada di tengah area persawahan hanya musim kemarau saja orang bisa mengunjungi tempat ini dengan mudah. Setelah nanti musim hujan tiba atau musim tanam padi maka tiada jalan khusus untuk menuju ke tempat ini. Jika terpaksa menuju ke tempat ini harus melalului pematang sawah yang jalannya becek dan berair.

“ Untun ini masih kemarau kita bisa mencari jalan pintas lewat tengah sawah yang kering. Nanti jika musim hujan tiba harus lewat pematang sawah yang becek dan jalannya harus memutar “, kata Syafi’I lagi.

Selain makam Mbah Dalang ini di desa Surodadi masih ada makam tua yang dikeramatkan warga yaitu makam Mbah Berasan yang lokasinya juga di tengah area persawahan sebelah Selatan Desa. Sedangkan Mbah Nameng berada di area pemakaman umum di sebelah Barat desa Surodadi kecamatan Kedung kabupaten Jepara .( Pak Muin )