Jepara – Salah satu jembatan yang ambrol di Jepara tepatnya di desa Ngeling kecamatan Pecangaan  di tengah area persawahan kini sudah mulai dibangun. Kegiatan itu masuk anggaran pembangunan tahun 2024 diawali bulan September ini dan diperkirakan seesai bulan Desember 2024.

Kabarseputarmuria yang memantau di lapangan melihat jembatan yang ambrol mulai dibersihkan. Puing puing reruntuhan mulai di singkirkan dari bawah saluran. Selain itu ada beberap pekerja yang mulai menggarap papan papan untuk persiapan pembesian. Di Seberang terlihat papan proyek yang menjelaskan tentang pembangunan jembatan Ngeling.

Terlihat dari papan informasi proyek tersebut bahwa pekerjaan pembangunan jembatan Ngeling ini menghabiskan dana sebesar Rp 348.153.000. Pelaksaan pembangunan di mulai tanggal 25 September 2024 dan berakhir 19 Desember 2024 . Pelaksana Pelaksana Pembangunan CV. Sania Artha Jaya dan Konsultan Pengawas Tiga Pusaka Disain.

Jembatan Ngeling yang berada di jalan tembus Pecangaan Kulon – Sowan lor ini sudah tidak bisa dilewati sekitar satu tahun lebih. Ambrolnya jembatan ini selain usia diduga karena arus sungai atau saluran air yang cukup deras di bawahnya. Sehingga ketika hujan deras air dengan membawa matreal menerjang jembatan yang sudah tua ,

Dengan adanya pembangunan jembatan ini diharapkan lalu lintas warga khususnya petani yang berada di sekitar jembatan lancar membawa hasil panen. Selain itu warga yang akan menuju ke desa Pecangaan dari Sowan lor dan sebaliknya tidak akan memutar lagi melalui jalan raya Bugel – Pecangaan.

“ Kalau memutar lewat jalan raya Bugel – Pecangaan ya harus tambah waktu setengah jam. Apalagi jika musim panen petani yang membawa pulang padi harus memutar jalan sehingga harus tambah biaya untuk transportasi “, kata salah satu petani dari desa Ngeling pada kabarseputarmuria Kamis 4/10/2024.

Selain jembatan yang dibangun ,  saluran air atau sungai di bawahnya juga perlu di keruk karena terlihat dangkal. Sehingga ketika tiba musim penghujan tidak terjadi meluapnya saluran air ketika hujan deras. bSelain itu dengan pengerukan saluran air ini juga akan meninggikan tanggul sungai atau saluran air.      ( Pak Muin)