Semarang –  Ahmad  Lutfi resmi di daftarkan oleh Partai Gerinda dan gabungan partai lainnya menjadi salah satu calon gebernur di Pilkada  Jawa Tengah 2024, hari Rabu 28/8/2024 . Bagaimana Ahmad Lutfi diusulkan? Dia adalah salah satu tokoh berpengaruh di Jawa Tengah . Berikut ini profil singkatnya .

Ahmad Luthfi lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 22 November 1966. Ia bergabung bersama Korps Bhayangkara melalui Sekolah Perwira (Sepa) Militer Sukarela (Milsuk) Polri pada tahun 1989 dengan pengalamannya di bidang intelijen keamanan. Selepas lulus dari Sepa Milsuk Polri, Luthfi kembali melanjutkan pendidikan kepolisian di Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) Polri pada tahun 2000.

Luthfi kembali masuk ke lingkungan pendidikan dengan bergabung di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri pada tahun 2005 dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) pada tahun 2007. Sementara pendidikan kejuruan yang ditempuhnya meliputi, Diktap Polri tahun 1992, Daspa Serse tahun 1994, dan Dikjur Perwira Provos tahun 1995.

Orang dekat Jokowi Luthfi merupakan sosok yang punya hubungan dekat dengan Presiden Joko Widodo.  Hubungan keduanya terbina dengan baik sejak Luthfi bertugas sebagai Wakil Kapolres Solo pada tahun 2011. Kala itu, Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo. Setelahnya.

Markas Besar Polri mempromosikan Ahmad Lutfhi menjadi Kapolres Solo pada tahun 2015. Pada tahun tersebut, Jokowi telah menjabat presiden. Setelah bertugas di Solo, Luthfi kemudian mendapat promosi menjadi Analisis Kebijakan Madya Bidang Sosial Budaya Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri pada 2017. Lalu, Wakil Kapolda Jawa Tengah pada 2018 dan Kapolda Jawa Tengah pada 2020 hingga sekarang.

Diusung Menjadi Calon Gubernur Jateng
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra, mengusung Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur atas persetujuan Prabowo Subianto.  Ahmad Luthfi didampingi Gus Yasin , Gerindra yakin Ahmad Luthfi merupakan sosok terbaik untuk memimpin Jawa Tengah. Bukan tanpa alasan, sebagai kapolda pastinya Ahmad Luthfi sudah mengerti yang terbaik untuk Jawa Tengah.

 

baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/07/23/06254581/profil-ahmad-luthfi-jenderal-bintang-2-polri-yang-diusung-gerindra-pada.