Jepara – Anda yang tinggal di Jepara pasti tahu dan pernah mengunjungi warung Lontong Pecel dan Lontong gebyur Mbak Rika di Panggang Jepara. Warung ini di kenal sebagai Warung Pandean karena tepat berada di sebelah gang Pandean. Tepatnya di ruas jalan Brigjen  Katamso Jepara menuju ke Alon Alon Jepara atau sebaliknya.

Warung ini buka mulai jam 9 pagi hingga jam 4 sore .  Adapun menu andalannya sejak dulu hingga sekarang adalah lontong pecel dan lontong gebyur. Selain itu ada aneka bubur , aneka gorengan dan aneka kerupuk. Semuanya legendaris dan khas kota Jepara.

“ Warung ini sudah buka lebih 10 tahun yang merintis ibu saya . Saya kemudian meneruskannya . Banyak pegawai kantoran disini yang langganan, Kalau pas makan siang warung ini cukup ramai “, kata Mbak Rika pada kabarseputarmuria Selasa 7/8/2024

Menu utama adalah Lontong Pecel dan Lontong gebyur. Lontong pecel adalah lontong dipadukan dengan sayuran seperti kecambah , kol , bayam . Adapun bumbunya yaitu campuran kacang tanah , gula , bumbu dapur . Sedangkan Lontong gebyur adalah lontong pecel dengan tambahan tahu goreng iris , soon , udang dan digebyur dengan kuah seperti soto.

“ Bedanya ya kalau lontong pecel  itu tanpa gebyuran kuah . Sedangkan lontong gebyur ada tambahan kuah sehingga kalau makan siang hari rasanya panas panas menyegarkan. Kalau pagi kebanyakan lontong pecel biasa tanpa kuah “, tambah Mbak Rika.

Mbak Rika menambahkan warungnya yang berada di tepi Kali Wiso ini pernah dibuat shoting sinetron Ojek pengkolan . Selain itu warung ini merupakan warung langganan para pegawai di kota Jepara. Hampir semua pegawai sudah merasakan makanan khas kota Jepara ini.

Untuk satu porsi lontong gebyur di warung mbak Rika ini di banderol Rp 13 ribu  sedangkan untuk pecelnya Rp 12 ribu . Sehingga dengan uang Rp 20 ribu bisa sarapan atau makan siang dengan tambahan minum es teh dan beberapa gorengan. ( Pak Muin)