dr. Ahmad Saifudin MKes berdialog dengan salah satu siswa SMPN 1 Pecangaan

Jepara  – Dalam rangkaian  gelaran  HUT  SMP Negeri 1 Pecangaan ( Spanca )  yang ke-  60  bulan Agustus 2024 yang akan datang . Ikatan Alumni ( IKA)  Spanca  Sabtu  28/7/2024  menyelenggarakan kegiatan   “Alumni Mengajar” dengan tema “Inspirasi Sukses Meraih Cita-Cita.” Acara ini menghadirkan dr. Ahmad Syaifudin, seorang alumni yang telah mencapai banyak kesuksesan dalam kariernya.

dr. Ahmad Syaifudin, M Kes yang biasa disapa dr. Ipul, lahir di Jepara pada 21 November 1980. Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur RS Islam Sunan Kudus, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus, dan juga merupakan pengurus IDI Pusat. dr. Ipul adalah alumni SMP Negeri 1 Pecangaan  lulus pada tahun 1996.

Acara  yang berlangsung di Gedung Serba Guna Sekolah di buka Ketua IKA Spanca Dra. Mariah MPd dan diikuti  seluruh siswa kelas 8 dan 9. Hadir dalam kesempatan guru pendamping  kegiatan dan beberapa perwakilan alumni yang ikut mensupport kegiatan positif tersebut.

Mariah dalam sambutan pembukaan mengatakann, kegiatan alumni mengajar merupakan kegiatan rutin IKA . Bertujuan memberikan suport kepada adik adik agar semangat dalam  meraih cita cita. Oleh karena itu ia berharap agar adik adik siswa yang mengikuti kegiatan bisa mengambil manfaat dari kegiatan tersebut.

“ Kegiatan ini adalah salah satu kontribusi  IKA Spanca dalam rangka ikut mencerdaskan anak anak bangsa khususnya di SMPN 1 Pecangaan. Semoga pengalaman yang diberikan kakak alumni bisa memotivasi belajar adik adik semua penuh semangat dalam meraih cita cita “, tambah Mariah yang Alumni Spanca tahun 1984.

Plt. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pecangaan, Drs. Bambang Dwi Joko ISH, M.Pd., dalam sambutannya   mengatakan , kegiatan alumni mengajar merupakan kegiatan yang sangat positif untuk para siswa dalam masa belajar. Dengan adanya motivasi dari kakak alumni yang telah sukses dalam merah cita citanya tentunya menjadi semangat dan bekal ke depannya .

“ Siapa yang ingin memiliki cita-cita mulia menjadi dokter, polisi, tentara, atau pengusaha?” Sambutan ini disambut meriah oleh para siswa yang bersemangat mengikuti materi dari dr. Ipul

Nara sumber bersama pengurus harian IkA bersama sama yang hadir menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum  di mulainya  acara Alumni mengajar .( foto : Oedy Melankolis )

Dalam giat alumni mengajar dr. Ipul memberikan materi inspiratif yang menekankan pentingnya memiliki tujuan hidup yang jelas. Tujuan harus menjadi dorongan kuat untuk meraihnya. Dorongan tersebut akan memotivasi seseorang untuk mencari cara dan ilmu yang diperlukan. Setelah itu, langkah-langkah harus diperhatikan dengan seksama, dan keyakinan untuk meraih cita-cita harus dibangun melalui usaha yang konsisten.

Dialog interaktifpun terjadi antara dr.Ipul yang  menyuruh siswa untuk maju ke depan bersamanya. Sehingga tercipta suasana yang mencair dan  dan tidak membosankan serta membuat siswa aplaus akan kehadiran dokter yang penuh energik ini.

” Mempunyai cita-cita sejak kecil  atau dini  , ingin sekolah di mana harus di program lebih dul . Setelah itu harus ada dorongan menuju cita cita  itu sendiri . Serta keyakinan untuk sukses harus di tanamkan dengan belajar keras dan berdoa jangan lupa disiplin dalam segala hal terutama sekali dalam belajar kalo kedisiplinan sudah menjadi kebiasaan semua akan menjadikan kesuksesan yang di cita-citakan ” beber mas dr.Ipul.

Sosok dr.Ipul yang santai dan penuh keakraban betul betuk memberikan inspirasi bagi para  siswa.  Seorang alumni yang  tergolong masih sangat muda telah sukses dan berhasil tentulah sangat inspiratif Acara berjalan lancar awal hingga purna dan dapat aplaus yang sangat meriah. Selain itu yang  sampaikan oleh dr.Ipul bisa di pahami dan di mengerti.. Sehingga  menjadi dorongan dan semangat yang kuat bagi  siswa-siswi untuk lebih giat belajar dalam meraih cita- cita masa depan yang masih membentang luas.

Kegiatan “Alumni Mengajar” di SMP Negeri 1 Pecangaan ini menjadi momentum penting bagi siswa-siswi untuk mendapatkan inspirasi langsung dari alumni yang telah sukses, serta mempererat hubungan antara sekolah dengan para alumni yang telah berkiprah di berbagai bidang.

(  Oedy Melankolis Ka.biro Jpr -kds )