Jepara – Usaha apapun jika ditekuni dengan baik hasilnya akan luar biasa dan bisamenghidupi keluarga . Hal itulah yang dijalankan Om  Zen warga desa Sendang Kalinyamatan. Berawal dari jualan es kelapa muda bermodal Rp 300 ribu kini bisnisnya merambah ke rental freezer dan Kipas angin Blower dengan asset ratusan juta rupiah.

Meskipun sudah mendapatkan pengasilan yang lebih dari usaha rental ini namun usaha awal es kelapa muda tetap di tekuninya. Lapaknya yang berada di tepi jalan Kenari Purwogondo tetap buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 9 malam. Selain es kelapa muda ada varian baru , es durian dan campuran kelapa dan durian.

Selain itu ia juga menjual buah durian beku dalam bentuk masih ada biji dan juga bentuk pasta. Buah durian frozen ini bukan buah durian local namun buah durian dari luar . Sehingga buah Durian frozen ini setiap waktu tanpa menunggu musim buah Durian di Jepara. Kapan pun pembeli bisa datang merasakan buah Durian di lapaknya yang buka setiap hari.

“ Buah Durian Frozen dalam bentuk masih dengan biji atau bentuk pasta ini pembelinya para penjual es buah dan Es Cream . Durian ini sebagai campuran sehingga meski tidak musim buah dipinggir jalan masih ada penjual es campuran Durian . Mareka banyak beli  ke sini “, kata Om Zen

Om H.Zen usahanya berhasil karena kesungguhan

Om Zen yang alumni MA Darul Ulum Purwogondo mengisahkan , ia mulai berbisnis sejak kecil berawal dari jualan kembang api ketika lebaran . Layang layang ketika musim mainan layang layang. Bahkan ketika masih sekolah di MA Darul Ulum sudah belajar usaha ketika malam berjualan nasi goreng. Sehingga jika paginya sekolah ia kadang ngantuk di kelas.

“ Nah ketika lulus MA saya tidak ada niatan kuliah namun focus pada bisnis . Nah ibu punya tempat di pinggir jalan lalu ide saya muncul berjualan kelapa muda mulai tahun 2008. Ya mulai kecil dulu satu tremos dua tremos gitulah. Lama lama berkembang hingga besar sampai sekarang“, kenang Om Zen Minggu 23/6/2024

Bisnis es kelapa mudanya bisa menjadi besar karena ia tidak hanya jualan eceran saja. Ia mulai buka usaha es kelapa muda dengan system grosiran menyediakan untuk penjual pinggir jalan . Selain itu ia juga menyediakan es kelapa muda ini untuk pesanan orang punya gawe. Sistemnya penjualannya dengan tremosan dengan aneka rasa.

“ Kalau mengharapkan penjuan eceran di lapak ini ya hasilnya tidak begitu besar. Ketika melayani system grosiran bisnis es kelapa muda berkembang pesat. Mobil bisa kebeli dan bisa buka usaha lain seperti rental freezer dan kipas angin blower untuk yang punya hajatan”, tambah Om zen.

 

Ia membuka rental Frezer sudah tiga tahun sedangkan rental Kipas angin blower baru setahunan. Awalnya freezer hanya untuk menyimpan keperluan bisnis es kelapa muda dan Durian frozen . Ada beberapa freezer yang kosong iapun iseng menawarkan freezer kepada orang punya hajatan untuk menyimpan daging agar tetap fresh. Tawaran itu ditanggapi oleh pelanggan dan semakin lama semakin banyak permintaan.

Di bulan orang punya gawe permintaan sewa freezer terus meningkat . Tidak hanya warga Jepara saja , namun warga Demak dan Kudus mulai berminat pada usahanya ini. Mereka senang dengan adanya freezer daging tetap frez terus sehingga masakan jadi terjaga kualitasnya. Untuk sewa freezer ini biasanya mulai 3-7 hari dengan biaya sewa Rp 350 -700 ribu tergantung ukuran dan juga tempat penyewa.

Sedangkan untuk rental kipas angin blower ini juga permintaan pelanggan . Setelah rental freezer berjalan ada permintaan pelanggan .Bagaimana kalau menyediakan kipas angin blower untuk di sewa . Peluang itupun langsung ia tangkap untuk tahap awal ini ia menyediakan 10 kipas angin blower untuk

Durian Frozen setiap waktu ada tanpa mengenal musim dari Medan dan Bali

keperluan hajatan atau acara lainnya. Sedangkan freezernya stok di rumahnya ada puluhan.

“ Kalau rental kipas angin blower ini sekitar satu tahunan itu juga permintaan pelanggan. Jadi orang bisnis itu modalnya percaya dan tekun dijalani. Apapun hasilnya tetap semangat soal modal nanti akan berjalan mengikuti sendiri . Yang terpenting juga berdo’a pada Allah “, kata Om Zen memberikan resep keberhasilannnya dalam berusaha.

Dari usaha yang berawal dari jualan es kelapa pinggir jalan ini Om Zen sudah mendapatkan apa apa dalam kehidupannya. Selain tempat jualan milik sendiri , ada mobil , rumah , bisa naik haji dan modal usaha yang terus membesar. Ini semua berkat ketekunannya dalam menjalankan usaha dari kecil hingga sekarang.

“ Alhamdulilah mohon do’anya untuk semuanya semoga lancar dan selalu diberkahi Allah SWT . Untuk para pelanggan terima kasih atas kerjasama tanpa para pelanggan kami tidak ada apa apanya “, tutup Om Zen . (Pak Muin)