Demak – Meski media sosial ramai memperbincangkan Studi Tour dan Acara Wisuda siswa .Namun hal itu tidak menghalangi diselenggarakannya dua kegiatan tersebut di SD Kedungmutih kecamatan Wedung. SD yang berada di pesisir kecamatan Wedung ini tetap menggelar Studi Tour dan Wisuda siswa hasil sumbangan dari orang tua atau Wali .

Untuk gelaran pelepasan siswa kelas VI di selenggarakan pada hari Rabu ( 19/6/2024) dihalaman SD Kedungmutih. Selain di hadiri seluruh siswa , guru dan orangtua siswa juga tamu undangan lain. Dalam acara pelepasan itu di gelar karya siswa berbagai macam penampilan siswa mulai kelas 1 sampai kelas VI . Sebagai bentuk implemantasi kurikulum Merdeka.

Wiyono , SPd Plt Kepala SD Kedungmutih 1 dalam sambutan di depan orangtua wali siswa mengatakan, diselenggarakannya acara pelepasan siswa merupakan kerjasama yang baik antara sekolah, orangtua dan Komite Sekolah. Meski diluaran sana memperbincangkan pro dan kontra . Namun acara pelepasan siswa tetap diadakan berkat gotong royong orangtua siswa dan kerja sama dengan sekolah.

“ Terima kasi kepada bapak dan ibu orang tua siswa atas kerjasamanya sehingga acara pelepasan siswa ini berlangsung meriah . Tanpa sumbangan bapak ibu semua acara ini tidak bisa berjalan dengan baik. Semoga acara ini bisa berlangsung seterusnya “, kata Wiyono.

Wiyono menambahkan pada tahun Pelajaran 2023/2024 ini SD Kedungmutih melepas 44 siswa kelas VI. Peserta didik di kelas terakhir itu telah menyelesaikan pembelajaran selama 6 tahun . Mereka semua dinyatakan lulus sehingga berhak mengikuti pembelajaran selanjuntnya yaitu jenjang SLTP yaitu SMP atau MTs.

“ Kami harapkan semua anak yang lulus ini melanjutkan kembali pendidikan ke Jen jenjang selanjutnya. Jangan ada yang putus sekolah karena Pendidikan merupakan asset yang nantinya bermanfaat untuk anak anak bapak ibu. Ini anak anak secara resmi saya kembalikan pengasuhannya pada bapak dan ibu “, kata Wiyono lagi.

Terkait pelaksanaan Pelepasan Siswa dan Studi Tour di SD Kedungmutih 1 menurut Ketua Komite Fatkul Muin sudah menjadi kesepakatan bersama orang tua siswa. Biaya pelaksanaan di tanggung bersama secara gotong royong . Semua pembiayaaan pelaksanaan kegiatan hasil sumbangan orang tua wali. Mereka bersepakat sekolah tetap mengadakan kegiatan Studi Tour dan Pelepasan siswa.

” Ini semua hasil kesepakatan dan juga hasil gotiong royong bapak ibu semua . Semoga acara ini menjadi kenangan putra putri bapak ibu selama 6 tahun bersekolah di SD Kedungmutih 1. Kami berharap kegiatan ini biusa berlangsung seterusnya meski sederhana pelaksanaannya namun hari ini cukup meriah. Semoga berkah untuk semua “, ata Pak Muin dalam sambutannya.

Di tempat yang sama Roisul Huda yang mewakili orang tua atau wali siswa kelas VI. Mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada selruh bapak ibu guru yang mengajar putra putrinya selama 6 tahun. Secara mohon doa agar kelak peserta didik yang dilepas menjadi anak yang soleh dan berguna bagi agama bangsa dan negara,

“ Kami mewakili orang tua siswa hanya mengucapkan terima kasih dan maaf. Semoga Allah SWT membalas kebaikan bapak ibu guru semuanya. Semoga bapak ibu diberikan kesehatan dan rejeki berlimpah atas ilmu yang sudah diberikan pada anak anak kami selama 6 tahun tiada henti “, tamabah Roisul Huda.

Acara pelepasan siswa yang berlangsung pagi hingga siang hari diikuti dengan penuh antusias oleh siswa dan orang tua siswa. Acara yang dikemas apik itu menampilkan aneka seni diantara seni suara , seni tari, seni music  dan lainnya. Selain itu juga ada sesi sungkeman yang cukup mengharukan. (Pak Muin)