Demak – Desa Tedunan kecamatan Wedung kini mempunyai Masjid yang megah setelah direnovasi sejak tahun 2018 yang lalu . Dalam jangka kurang lebih 5 (lima) tahun masjid ini sudah selasai di rehab total . Selain lebih luas juga kondisi bangunan dulunya masih berupa kayu kini ful tembok da beton .

Masjid yang berada tiak jauh dari jalan ray aini sudah kelihatan dari jauh dengan cat panduan warna hijau muda dan tua ini berkesan modern. Namun tidak meninggalkan kesan tradisionalya yaitu kubah yang berbentuk setengah bola lebih. Selain itu juga tidak meninggalkan seni ukur di bagian pintu yang terbuat dari kayu jati.

Masjid yang dulunya hanya berlantai satu kini dibangun menjadi dua lantai yang cukup luas. Sehuingga memuat jamaah shalat yang cukup banyak. Dengan kondisi ini seluruh jamaah warga desa Tedunan  bisa tertampung di masjid ini baik ketika shalat Jum’at dam shalat hari raya.

Bangunan ini berseni minimalis campuran berdinding batu bata yang di cat berwarna hijau perpaduan tua dan muda. Adapun lantainya berbahan granit halus baik lantai bawah dan atas semua full sudah selesai. Demikian pula tangga untuk naik ke lantai dua juga beralaskan granit . Sedagkan pegangan tangga terbuat dari kayu jati yang difinising halus dan berkilai.

Dari prasasti yag tertempel di dinding masjid Baitun Nur pelaksanaan renovasi masjid ini dari hasil wakaf seorang warga yang berforesi sebagai pengusaha. Putra daerah itu mempersembahkan masjid diniatkan wakaf untuk kedua orang tuanya. Selain itu juga peran seluruh warga desa Tedunan sehingga renovasi masjid cepat terselesaikan.

Letak masjid Baitun Nur ini juga stratetigis karena berdampingan dengan Lembaga Pendidikan mulai dari MI dan MTs . Selain itu sebelah Selatan Masjid adalah Madrasah Diniyyah. Sehingga masjid ini juga difungsikan sebagai pusat pendidika dan juga pemberdayaan umat.

Bagi pembaca yang penasaran dengan bangunan Masjid yang megah ini bisa datang dan mampir ke desa Tedunan kecamatan Wedung. Dari jauh masjid ini sudah kelihatan dengan kubah berwarna hijau dan juga cat dinding Paduan cat hijau muda dan tua.

( Pak Muin )