Jepara – Pj Bupati Jepara didampingi Sekda , Forkopimda melepas calon haji Kloter SOC 72 Jepara Kamis 30/5/2024 Pukul 09.35 . Pada kloter pertama ini ada 218 jamaah dan 6 bis yang merupakan 1 dari 5 kloter yang nanti akan diberangkatkan sesuai jadwal. Jumlah calon haji Jepara tahun 1445 H/2024 M seluruhnya 1.410 yang akan diberangkakan selama 2 hari Kamis dan Jum’at.

Pj. Bupati Edy Supriyanta dalam sambutan pelepasannya mengharapkan kepada seluruh calon haji Jepara untuk selalu menjaga kesehatan selama di tanah suci.Terutama yang lansia agar beraktifitas yang pokok saja yang berkaitan dengan ibadah haji. Untuk semua calon haji diharapkan selalu menjaga nama baik Jepara . Selalu bersama saling membantu antar calon haji sehingga pelaksanaan haji bisa berjalan lancar untuk semuanya.

” Sebagai tamu di negara orang jamaah calon haji  harus mengikuti peraturan di sana .Batasi kegiatan yang tidak bernilai ibadah terutama yang lansia selalu jaga kesehatan secara berkala .Komunikasikan dengan petugas kesehatan yang ada ” , harap Pj Bupati Jepara.

Hal sama juga dikatakan Kepala Kantor Kemenag Jepara Ahsan Muhyiddin , jamaah calon haji di Jepara sesampainya di tanah suci selalu menjaga kesehatan dengan aktifitas yang biasa dan istirahat yang cukup.Batasi kegiatan diluar yang menghabiskan energi atau tenaga.Lakukan kegiatan ibadah di malam hari atau dalam kondisi badan fit terutama untuk lansia. Selain itu selalu berkoordinasi dengan petugas jika menjumpai hal hal yang perlu penjelasan agar ibadah haji lancar.

” Situasi cuaca arab sangat panas jika siang hari sehingga batasai kegiatan lakukan di malam hari. Diharapkan ketika mulai masuk di Armuzna yaitu kegiatan wukuf bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.Selain itu selalu bersama sama dalam semua kegiatan ibadah haji saling membantu. Mudah mudahan mendapatkan haji yang mabrur “, tambah Ahsan

Usai lantunan azan dan iqomat oleh petugas jamaah calon haji kloter SOC 72 dari Jepara yang telah memasuki bis masing masing diberangkatkan Pj Bupati dengan kibaran bendera. Sebelumya juga ada doa pemberangkatan haji yang dibacakan Ketua IPHI Jepara KH. Ahmad Marzuki yang juga manta Bupati Jepara. Selain itu dihadiri pula ratusan pengantar calon haji yang berada di luar pagar pendopo kabupaten Jepara.
( Pak Muin)