Lahan bengkok desa Karangaji lahan relokasi pasar ikan yang terdampak relokasi Sungai SWD 2

Jepara – Salah satu bangunan yang terdampak normalisasi Sungai SWD 2 adalah pasar Ikan desa Karangajin kecamatan Kedung. Pasar ikan ini terletak di sempadan tanggul dan pinggir jalan raya. Selain mengganggu tanggul juga menganggu lalu lintas jalan raya jika pagi hari.

“ Kalau dipindah saya setuju sekali . Soalnya pasar ikan itu bikin macet jalan jika pagi hari. Pedagang ikan banyak yang jualan di pinggir jalan. Selain itu juga di sempadan tanggul SWD 2 “ kata Sokib salah satu Sopir angkut garam yang sering lewat pasar Karangaji.

Pemindahan pasar ikan desa Karangaji sudah positif dan lahannya sudah disipakan oleh pemerintah desa yaitu tanah bengkok desa . Sedangkan bangunannya sudah dianggarkan pemerintah daerah Jepara sebesar Rp 170 Juta . Dana tersebut akan digunakan untuk pembuaatan lapak pedagang ikan sementara berukiuran 70 meter x 5 meter.

”PUPR sudah menyiapkan desain dan RAB-nya, kurang lebih Rp170 juta,” ungkap Asisten II Setda Jepara Hery Yulianto, Minggu (3/12/2023).

Ia mengatakan, aktivitas para pedagang di pasar sementara itu, sambil menunggu lokasi pasar tetap yang disiapkan oleh pemerintah desa.Karena perlu perubahan status alih fungsi lahan. Butuh waktu sekitar tiga sampai empat tahun untuk menyelesaikan alih fungsi status lahan.

”Untuk menampung sementara kita menggunakan lahan yang ada di jeda antara lahan bengkok dengan sungai,” ungkapnya.

Pantauan kabarseputarmuria dilapangan hari Selasa 12/2/2023 kondisi lahan yang dipersiapkan untuk relokasi pasar ikan desa karangaji sudah mulai di kerjakan. Tampak truk truk mengangkut tanah mengurug sawah tersebut. Ada satu alat berat di sana untuk meratakan tanah .

“Iya pak ini nanti untuk relokasi pasar ikan desa karangaji yang terdampak normalisasi sungai SWD 2 . Sudah mulai hari Sabtu kemarin . Tanahnya diambilkan dari Timur entah dari mana “, kata satu warga desa Karangaji yang ikut bekerja di tempat tersebut.

Terkait pemindahan pasar ikan desa Karangaji beberapa pedagang awalnya menolak namun karena sudah keputuasan bersama maka hal itu tetap dijalankan. Namun mereka meminta agar keramaian terpusat satu lokasi . Pedagang ikan meminta seluruh pasar Karangji direlokasi ke Barat .

“ Kami selaku pengelola pasar yang mewakili seluruh pedagang pasar ikan meminta kepada pemerintah ke depan untuk merelokasi pasar desa Karangaji ini seluruhnya. Agar keramaiannya mengumpul jadi satu tidak terpisah pisah. Warga yang belanja jadi mudah “, kata Shohiful Adnan, pengurus Koperasi Pasar Karangaji

Menurut Asisten II Sekda Jepara Hery Yulianto, butuh waktu sekitar tiga sampai empat tahun untuk menyelesaikan alih fungsi status lahan.

“Untuk menampung sementara kita menggunakan lahan yang ada di jeda antara lahan bengkok dengan sungai,” kata Hery ( Pak Muin)