Penampilan MB CBS Junior SMPN 2  Jepara  di Hari Guru Nasional 2023

Jepara – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Jepara, Sabtu 25 November 2023.Mengadakan Upacara Bendera yang diikuti oleh Guru, Karyawan dan seluruh siswa . Selain itu juga di gelar do’a dan potong tumpeng seperti tahun tahun sebelumnya.

Namun  Hari Guru Nasional ( HGN) pada tahun 2023 ada yang lebih meriah  .  Salah satu ekstrakurikuler bergengsi di SMP Negeri 2 Jepara yakni Marching Band (MB) Caraka Bahana Sisya (CBS) yang kerap tampil diwilayah Jepara menghibur dan memeriahkan . Sehingga suasana sekolah menjadi meriah dan penuh warna.

Kepala SMP Negeri 2 Jepara, Fatkhurrohman menyampaikan,  Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) selalu  dilaksanakan pada tanggal 25 November tiap tahunnya. Usai Upacara Bendera diadakan  doa bersama sekaligus potong tumpeng dan dilanjut rapat dengan Bapak/Ibu Guru dan Karyawan.

“ Nah pada tahun 2023 ada yang beda untuk memeriahkan sekaligus memberikan persembahan kepada bapak dan ibu guru yang berulang tahun . Maka ada gelaran Siswa siswi yang tergabung dalam Marching Band ( MB) Caraka Bahana Sisya (CBS) Junior. Pada tahun ini  berhasil menjuarai peringkat 1 lomba Marching Band Provinsi Jawa Tengah”, kata Fathurrahman yang selanjutnya mengikuti Upacara Hari Guru Nasional di Alon Alon Jepara.

Sholikhin selaku pembina upacara menyampaikan tema peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 ini adalah “Bergerak bersama, rayakan merdeka belajar” sebagaimana dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Nomor 36927/MPK.A/TU.02.03/2023.

Ia juga menyampaikan kepada seluruh peserta upacara untuk khidmat mengikuti upacara bendera baik pada hari ini maupun upacara-upacara mendatang.

Mengutip dari isi pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim bahwa :

Dalam empat tahun terakhir ini mulai Tahun Pertama mencetuskan Merdeka Belajar, dimana Ujian Sekolah dihapus dan diganti Asesmen Nasional dengan memberikan kepercayaan kepada guru untuk menilai murid-muridnya. Lalu tahun berikutnya Kemendikbud Ristek meluncurkan Kurikulum Merdeka. Jika Asesmen Nasional mengukur tujuan perubahan, maka Kurikulum Merdeka adalah yang memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu.

Selanjutnya melakukan terobosan dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak.Terakhir meningkatkan kesejahteraan pendidik dengan target satu juta ASN PPPK guru.

Waka Kurikulum, Nanik Agustina mengatakan peringatan Hari Guru Nasional menjadi momentum yang sangat membanggakan bagi para guru. “Bahwa hari guru mempunyai makna sebagai bentuk penghormatan kepada guru atas jasa yang telah dilakukan nya selama mengajar dan mendidik anak-anak,” ujarnya.

Tak hanya itu, Naela Az-Zahra selaku ketua OSIS, mengatakan pada kegiatan HGN ini anak-anak OSIS menyelenggarakan kegiatan menghias nasi goreng dan masing-masing kelas mendelegasikan 2 orang. Kegiatan ini tidak dilombakan namun kegiatan ini merupakan bentuk ucapan terimakasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah membimbingnya.

Pada saat bersamaan, MB CBS Junior tampil dihalaman SMPN 2 Jepara dan mendapatkan apresiasi luar biasa dari Abdul Wahab staff Kesiswaan serta bapak/ibu guru dan karyawan.Penampilan para siswa benar benar memberikan hiburan yang segar kepada bapak dan ibu guru di hari yang istimewa

Sofyan selaku Pembina MB CBS mengucapkan terimakasih secara khusus kepada Fitri Asmaryanti selaku Waka Kesiswaan atas diberikan kesempatan untuk tampil, dan ucapan terimakasih secara umum kepada Bapak/Ibu dewan guru yang telah antusias menyaksikan Perform MB CBS Junior.

“ Terima kasih kasmi sampaikan  latihan ini hanya ditempuh 2 bulan. Tapi Alhamdulillah hasilnya sudah luarbiasa. Semoga penampilan ini menjadikan tambah semangat untuk terus memberikan penampilan terbaik” , kata Sofyan.