Jepara – Salah satu tempat atau spot mancing yang sering didatangi penghioby mancing adalah jembatan Kali Panggung yang terletak du desa Panggung kecamatan Kedung . Di tempat ini setiap hari Minggu atau Libur banyak para pemancing duduk setia menunggu umpan pancingnya disambar ikan.

Di Jembatan yang menjadi batas desa Panggung dan Surodadi ini juga menjadi tempat tambatan perahu para nelayan warga sekitar. Para pemancing bisa memilih tempat yang nyaman di tempat ini. Ada yang pas diatas jembatan juga ada yang disisi kanan kiri Sungai.

Selain tempatnya strategis juga dekat dengan pemukiman warga sehingga kebutuhan anda memancing . Mulai dari umpan , alat pancing serta bekal makan dan minum bisa tercukupi di tempat ini dengan harga yang ekonomis.

Selain siang hari para pemancing yang rela untuk tidak tidur di tempat ini hanya menunggu umpan pancingnya di sambar ikan. Hanya disambar saja sudah menjadi sensasi tersendiri . Apalagi jika pulang membawa ikan yang cukup besar.

Fahrudin warga desa Bugel yang punya hobi memancing sering memancing di area jembatan Kali Panggung ini. Bersama satu rekannya rela menginap dalam rangka memenuhi hasrat hobinya memancing. Meski kadang tak membawa hasil namun hal itu di ulangi lagi lain waktu.

“ Yang namanya hobi dapat ikan atau tidak ya tetap berangkat. Apalagi jika pulang bawa ikan besar lagi igtu kebanggan tersendiri bagi kami para pemancing. Soal biaya hobi memancing ini relative tidak sama satu dengan yang lainnya “, kata Fahrudin yang ditemui kabarseputarmuria Senin 30/10/2023.

Fahrudin menambahkan untuk bekal mancing semalam paling banyak ya Rp 50 ribu. Untuk membeli umpan pancing berupa udang Rp 10 -15 ribu. Sisanya ya untuk beli perbekalan makan dan minum semalam . Adapun alat pancingnya harga mulai ratusan hingga jutaan rupiah. Untuk alat pancingnya harga hanya ratusan rupiah saja.

Hal sama dikatakan Sutrisno warga desa Jondang yang sehari harinya sebagai tukang urut panggilan mempunyai hobi memancing . Jika ada waktu senggang tak ada panggilan ia menyempatkan diri memancing . Salah satu spot yang dipilihnya di jembatan Kali Panggung ini.

Ia mengatakan setiap pergi memancing ke tempat ini ia pasti membawa ikan . Ia spesialis pemancing ikan ikan kecil dengan umpan cacing. Sedangkan pancing yang digunakan juga sederhana dan rakitan sendiri. Namun setiap memancing tak mengecewakan hasilnya.

“ Meski ikan ikan kecil sepertim ikan lundu rasanya senang . Sampai di rumah ikan ikan ini untuk konsumsi sendiri. Kadang kalau dapat banyak ya di bagi bagikan ke tetangga kanan kiri “, kata Sutrisno.

Nur Shokifah warga desa Surodadi yang rumahnya tidak jauh dari  Jembatan Kali Panggung menambahkan , spot memancing di tempat ini cukup ramai . Selain memancing bisa juga menyewa branjang anco untuk memangkap ikan. Setiap hari libur jembatan ini ramai dengan para pemancing.

“ Beberapa hari yang lalu ada pemancing yang dapat ikan kakap besar sekali. Mungkin kalau ditimbang lebih 20 kilogram. Sehingga Jembatan Kali Panggung ini tempat favorit untuk para pemancing di tempat ini “, kata Nurshokhifa . ( Pak Muin )