Jepara – Setiap pekerjaan  jika ditekuni dengan sungguh sunguh perlahan tapi pasti akan jadi usaha yang besar. Itulah yang diharapkan Rudi warga desa Tahunan Jepara ini . Semenjak usaha jualan on linenya sepi kini ia melirik jasa tranportasi khususnya pengantaran makanan,belanja , pengantaran paket dan juga antar jemput.

Usaha yang dinamai KURIR DELIVERY ORDER JEPARA ini mulai dirintis sejak tahun 2020 ketika wabah corona melanda Indonesia. Ketika itu orang butuh tabung oksigen dalam jumlah besar. Iapun mencoba menawarkan diri untuk melayani jasa pengantaran tabung gas ,

“ Ya awalnya ya antar tabung tabung gas ketika corona mewabah. Orang tidak ada waktu beli gas sehingga kami coba coba menawarkan jasa pesabn antar ini. Justru saat itu yang banyak orderan ngantar tabung gas “, kata Mas Rudi yang dihubungi kabarseputarmuria via Whatsapp Senin 30/10/2023.

Dari antar antar barang berupa tabung gas itulah satu dua mulai ada yang pesan dan antar makanan. Misalnya ada pelanggan yang mau beli nasi goreng ,Sate atau makanan lain. Ia yang membelanjakan dengan uang sendiri kemudian diantar sampai di tempat ditambah dengan jasanya.

Selain itu ada juga yang belanja ke pasar swalayan atau tradisional dengan mengirim barang yang akan dibeli . Kemudian iapun membelanjakan sesuai keinginan pelanggannya . Setelah barang sampai kemudian di total barang dan jasa antarnya.

“ Untuk pembayarannya ada yang langsung atau cash . Namun ada juga yang dengann cara bayar atau transfer duluan terutama yang tinggal di luar kota bahkan ada juga jasa yang datang dari luar negeri “, tambah Rudi.

Mengapa sampai ke luar negeri ? . Rudi memosting usaha jasa antar barang ini di sosmed ada salah satu pelanggan orang Indonesia yang tinggal di Hongkong. Ia ingin memberikan kejutan pada keluarganya di Indonesia dengan membelikan makanan . Nah lewat jasanya itu akhirnya makanan bisa diantar tepat waktu sesuai dengan pesanan .

“ Bahkan ada juga pelanggan dari luar jawa yang order belanja sembako untuk keluarganya yang di Jepara . Ia mengirim sejumlah uang kemudian saya belanjakan sesuai keinginan dan jika ada uang lebih saya kembalikan ke penerima barang “, cerita Rudi.

Rudi mengatakan , Usaha jasa kurir Delivery Order yang ia tekuni sudah tiga tahunan ini ada pasang surutnya . Namun itu hal yang biasa dalam semua usaha. Sehingga ia terus jalani apalagi beberapa pelanggannya sudah ada yang jadi pelanggan abadi .Sehingga usaha ini bisa menopang kebutuhan keluarganya.

Setiap hari pasti ada yang menggunakan jasanya . Meskipun sudah ada Ojol namun kurir delivery order yang ditekuni ini tidak ribet seperti ojol yang harus punya aplikasi. Sehingga masih banyak yang menggunakan jasanya utamanya pengantaran makanan dan minuman. Sehingga saat ini ia sering menyebutnya sebagai JASTIP atau jasa titipan.

Selain itu untuk ongkosnya juga fleksibel tergantung barang yang dibawa. Kalau aplikasi biasanya 1 orderan ongkosnya 1 oderan. Namun jika menggunakan JASTIPnya 1 orderan dengan 3 orderan ongkosnya berbeda. Sehingga hal ini menguntungkan untuk yang order makanan  atau tempat yang menyediakan makanan.

“ Sebagai contoh jika menggunakan aplikasi ojol misalnya 1 orderan ongkosnya Rp 15.000 jika 3 ya harus bayar Rp 45.000. Namun jika menggunakan jastip saya ongkir bisa nego dalam satu area pengantaran misalnya 3 orderan dalam satu area antaran ongkirnya bisa Rp 30 ribu saja atau bisa kurang”, jelas Rudi.

Mengantar makanan dan ikan koi

Begitu juga ketika mengantar barang yang cukup jauh misalnya luar kota Jepara . Kalau menurut hitungan aplikasi ojol bisa ratusan ribu rupiah. Namun jika memakai jastipnya harganya bisa kurang atau lebih ekonomis dibandingkan dengan aplikasi.

Dari pengalaman itulah mengapa ia tetap menekuni usaha JASTIP secara manual dan tidak bergabung dengan ojol. Selain itu ia optimis usaha Jasa Titipan yang ia beri nama KURIR DELIVERY ORDER JEPARA ini ke depannya makin diminati warga Jepara khususnya. Selain itu selama hampir tiga tahun menekuni usaha ini tanpa ada kendala.

Nah bagi anda yang tinggal di Jepara dan sekitarnya membutuhkan jasa pengantaran  aneka barang, jasa titipan belanja barang dan makanan serta antar jemput menggunakan kendaraan roda dua bisa menghubung Mas Rudi KURIR DELIVERY ORDER JEPARA di nomor HP 0858 7082 0803 tidak ribet praktis dan ekonomis . (Pak Muin)