Demak – Kegiatan Pramuka di masa Covid 19 banyak yang terhenti karena factor keamanan dan keselamatan . Usai pandemic kegiatan Pramuka di Kwartir Ranting Wedung kembali dilaksanakan dengan menggelar kegiatan Jambore Ranting di desa Jetak . Kegiatan yang digelar selama tiga hari 3-5 Oktober 2023 diikuti oleh pramuka penggalang SD/MI dan SMP /MTs .

Ketua Penyelenggara Kegiatan Jambore Ranting Kwaran Wedung Kak Zen mengatakan , Jambore Ranting yang digelar di desa Jetak kecamatan Wedung ini sebagai bentuk kembalinya kegiatan pramuka yang vacuum di masa pandemic covid 19.Selain itu sebagai ajang pertemuan para pramuka penggalang se kecamatan Wedung.Agara mereka saling berkomunikasi satu dengan yang lain.

Kak Zen Panitia Penyelenggara

“ Kegiatan Jambore Ranting ini kita kemas dalam kegiatan yang menumbuhkan karakter pramuka yaitu mental spiritual dan ketangkasan , Dengan kegiatan Jambore Ranting ini sebenarnya merupakan pesta bagi adik adik penggalang. Namun agar pulang punya kenangan nanti ada lomba yang kami sediakan piala “, kata Kak Zen pada kabarseputarmuria Selasa 4/10/2023.

Kak Zen menambahkan kegiatan Jambore Ranting ini ada kegiatan lomba lomba yang khas di pramuka yaitu semaphore , Morse . Selain itu ada juga lomba halang rintang dan lomba ketrampilan pramuka yang lain. Terkait pesta di gelaran Jambore Ranting ini juga ada pentas aneka seni yang disajikan peserta Jambore.

“ Harapan kami sebagai penyelenggara mudah mudahan kegiatan Jambore ranting ini lebih menggiatkan kegiatan kepramukaan di Wedung. Selain itu juga menumbuhkan karakter adik adik pramuka penggalang terkait pembelajaran di sekolah.Apalagi di kurikulum Merdeka sangat terkait dengan kegiatan kepramukaan “, tambah Kak Zen.

Rosa Peserta Jambore asal SD Bungo 1

Ditempat yang sama Rosa salah satu peserta Jambore dari SD Bungo 1 mengatakan,  kegiatan jambore adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain bisa bertemua dengan teman teman pramuka se kecamatan Wedung . Juga ada kegiatan pentas seni dan aneka lomba yang sangat seru .

“ Pokok senang karena banyak teman dan bisa bergembira terus . Selain itu juga melatih untuk mandiri dan juga kerjasama dengan teman teman. Meski di kemah tidurnya ya nyaman dan enak “, tambah Rosa.

Kegiatan Jambore Ranting Kwaran Wedung yang dipusatkan di lapangan  di desa Jetak ini cukup meriah . Hal itu terlihat dari ramainya lokasi yang dijadikan tempat ajang jambore. Selain itu juga adanya warga setempat utamanya UKM menggelar dagangannya di area lapangan Jetak. Mereka menjual aneka makanan dan minuman untuk peserta Jambore.

“ Dengan adanya kegiatan ini warga disini kebagian rejeki dengan membuka warung yang menjual jajanan . Saya jualan nasi kucing dan aneka minuman menyediakan untuk para pramuka disini “, kata Pak Solekan yang membuka lapaknya di sebelah Timur tenda .(Pak Muin)