Demak – Desa Mutih Kulon kecamatan Wedung terkenal sebagai desa yang banyak Usaha mikro dan kecil  yang memproduksi makanan jadi . Selain dijual harian ada juga yang penjualannya diwaktu waktu tertentu misalnya jelang lebaran. Namun ada yang yang berdasarkan pesanan seperti makanan untuk hajatan , selametan atau acara pesta lainnya.

Di desa ini ada banyak warga yang membuka usaha penjualan makanan dengan cara pesanan yang disebut catering. Salah satu usaha catering di desa Mutih Kulon ini adalah Aufar Catering milik ibu Muayadatun yang berada di Kauman II. Ia membuka catering sejak tahun 2014 setelah single parent karena suaminya meninggal.

Di bantu saudaranya Ibu beranak 2 yang masih kecil kecil memberanikan diri membuka usaha catering bukan yang pertama kali. Di desa Mutih Kulon ketika itu sudah ada beberapa warga yang membuka usaha catering. Berkat semangat menghidupi anak yatim usaha catering itu bertahan hingga saat ini.

Jika dihitung usaha catering yang dikelolanya itu sudah hampir 10 tahun. Selain cateringan menerima pesanan dalam bentuk makanan jadi. Jika menjelang lebaran ia juga membuat aneka kue kue kering khas Mutih Kulon ada kue dahlia , madu mongso dan kue kering lainnya.

Namun sayang usaha pembuatan makanan ini hanya jelang lebaran saja . Sehingga tidak ada stok makanan jadi setiap harinya. Hal itu terkendala pemasaran dan juga permodalan . Jika dalam bentuk pesanan dipastikan makanan yang dibuat pasti laku dan jadi uang. Namun jika membuat sendiri ia takut tidak laku sehingga rugi modal.

“ Ya inginnya sih terus produksi terus setiap waktu. Namun karena kendala belum ada pemasara sehingga masih mengandalkan pesanan saja. Kalau untuk buatnya sih semua bisa dan siap karena peralatan sudah ada . Namun ya itu modal dan pemasaran belum siap jadi ya tunggu pesanan baru buat “, cerita Ibu Muayadatun pada kabarseputarmuria Rabu 20/9/2023.

Terkait usaha catering yang dijalaninya itu awalnya memang sekitar Mutih Kulon saja . Namun seiring perkembangan waktu usaha ini terus berkembang. Tidak hanya Mutih Kulon saja namun tetangga desa seperti Babalan, Kedungmutih, Jetak . Selain itu ada juga yang datang dari kecamatan Bonang.

Untuk harga yang ditawarkan untuk pesanan berkatan atau selametan tergantung menu atau isian di dalam berkatan itu. Misalnya lauknya apa ikan ,daginng atau ayam. Sayurnya apa sampai dengan jajanan yang ada di dalam berkatan itu. Semakin banyak isi jajan semakin tinggi harganya . Tinggi rendahnya harga berkatan tergantung isi berkat tersebut.

“ Kalau yang rata rata orang pesan ya harganya mulai dari Rp 30 ribu – Rp 40 ribuan. Untuk harga Rp 40 ribuan misalnya dalam berkatan itu ada nasi ,lauk dan sayur komplit . Untuk jajanan di dalamnya ada 4 jenis tergantung pilihan si pemesan kita nanti buatkan sesuai selera “, tambah Ibu Muayadatun.

Catering Aufar bisa bertahan lama dan terus mendapat pesanan menurut Ibu Muadayatun adalah semua dibuat sendiri dan tidak dijobkan orang lain. Sehingga dari waktu ke waktu rasanya selalu sama. Baik mulai memasak nasi , lauk pauk dan jajanan semua dibuat di dapur sendiri. Tidak pernah diorderkan ke orang lain , justru orang lain kadang mengambil jajanan dari cateringnya.

” Jika pas ada pesanan banyak dan tidak sanggup karena waktu dan tenaga kami tolak pesanan itu. Itu semua kami lakukan agar makanan yang saya sajikan dalan berkatan itu tidak berbeda rasanya. Karena bahan sama namun pengolahan berbeda rasa yang dihasilkan juga berbeda. Jadi semua makanan saya olah di dapur ini  begitu juga untuk aneka jajanannya . Tidak hanya label namun semua dibuat di dapur ini “, kata Ibu Muayadatun lagi.

Terkait usaha pembuatan makanan dan catering yang dirintisnya sejak dahulu semua berkat ketekunan dan bantuan saudara danb tetangga . Jika ada orderan pembuatan berkatan banyak semua saudara dan tetangga dilibatkan  agar semua dapat rejeki dari usaha ini. Selain itu hasil dari usaha ini untuk menghidupi kedua anaknya yang masih bersukolah di Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah. Ia berharap usaha kecilnya ini mendapatkan sentuhan atau bantuan dari Pemerintah.

” Ya kami sebagai pengusaha kecil ya berharap saja adas bantuan dari pemerintah , entah itu alat untuk pengolahan makanan dan bantuan pembinaan yang lain. Untuk label halal saya sudah mengurus dan sampai saat ini belum keluar sertifikatnya . Semoga Aufar Catering bertambvah lancar dan banyak orderannya “, Tutup Ibu Muadatun pemilik Aufa Catering yang beralamat di Kauman Mutih Kulon Demak. (Pak Muin)

Nama Usaha  : Aufar Catering

Alamat             : Mutih Kulon Kauman II Kecamatan Wedung kabupataen Demak

No HP              : 085717716175