Mahasiswa Peserta Program MBKM sedang mengajar di dalam kelas

Jepara – Salah satu program Kemendikbud Ristek yang sekarang masih berjalan adalah Kampus Mengajar sebagai refleksi MBKM             ( Merdeka Belajar Kampus Merdeka ). Salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai lokasi program ini adalah SD 3 Ujungpandan kecamatan Welahan kabupaten Jepara. Di sekolah ini ada 5 mahasiswa yang praktek mengajar secara langsung di kelas masing masing.

Ketua Tim Merdeka Mengajar di SD 3 Ujungpandan Beni Ismail mengatakan ada 5 mahasiswa yang bertugas , satu dirinya dari prodi pendidikan Informatika universitas Ivet Semarang, Wakil ketua Denis Al Anvi prodi Bahasa Inggris Universitas Sultan Agung Semarang,Sekretaris: Rohis Rohmawati prodi pendidikan bahasa dan sastra Universitas Sultan Agung Semarang, Bendahara: Ambar Asyhari prodi Bahasa Inggris Universitas Sultan Agung Semarang, Pubdok : Feby Andini Rahmawati prodi Manajemen STIE Semarang. Adapun DPL( dosen pembimbing) : Marya Ulfa, S.Pd., M.Pd.

Tim Kamous  Mengajar di SD 3  Ujungpandan kecamatan Welahan Jepara

” Untuk waktunya kita sudah mulai sejak tanggal 14 Agustus 2023 dan berakhir 1 Desember 2023. Dalam jangka waktu itu kami para mahasiswa belajar dari para bapak ibu guru disini dan juga mengajar anak anak disini secara langsung. Kita masuk kelas mengajar seperti layaknya bapak dan ibu guru. Selain itu kita juga ikut kegiatan lain disekolah ini terkait proses belajar mengajar “, kata Beni Usmail yang warga desa Mutih Wetan Demak pada kabarseputarmuria Kamis 14/9/2023.

Selama sebulan mengikuti program ini Beni mengatakan , mendapat banyak pengalaman terkait mengajar yang belum pernah di dapatkan di kampus. Misalnya bagaimana memahami karakter siswa, menyampaikan materi ke siswa agar faham dan juga teknik mengajar siswa terutama di tingkat SD. Hal itu juga diakui teman temannya yang sama sama belum pernah mengajar.

” Sebelum ini saya sudah pernah mengajar tetapi anak anak yang lebih besar.Kalau di SD baru kali ini sehingga pengalaman ini berharga bagi saya dan teman teman.Apalagi ini di SD yang lokasinya di desa jauh dari keramaian “, tambah Beni

Beni berharap dengan mengikuti program Merdeka belajar Kampus mengajar ini ia memperoleh bekal ketika lulus kuliah nanti. Selain sebagai pengajar ia juga ingin mengembangkan kemampuan dibidang informatika . Sehingga dalam mengikuti program ini ia berkolaborasi dengan para guru di SD bagaimana pembelajaran para siswa lebih menarik dan bersemangat.

Terkait kegiatan kampus mengajar Syafi’i guru penjas SD 3 Ujungpandan mengatakan , program dari Kemendikbud Ristek ini bagus untuk siswa dan guru. Dengan adanya guru dari kampus tersebut para guru kelas bisa berkolaborasi dan saling mengisi. Terutama bagaimana menyajikan materi pembelajaran yang terkait kurikulum merdeka . Pendidikan karakter P.5 dan inovasi pembelajaran untuk siswa.

” Bagi kami guru yang sudah lama mengajar perlu belajar pada mahasiswa yang ditugaskan di SD sini. Sehingga seperti mendapatkan ilmu baru terkait pembelajaran siswa du era kurikulum merdeka ini “, kata Syafi’i.                         ( Pak Muin ).