Jepara – Dampak kekeringan di desa Kedungmalang kecamatan Kedung kabupaten Jepara membuat aliran PDAM terhenti. Sehingga membuat pasokan air untuk bersuci di masjid Baiturrahman desa Kedungmalang bagian Timur terganggu. Agar kegiatan peribadahan lancar Komunitas Relawan Jepara ( KRJ ) Kamis 14/9/2023 mengirim 1 tangki air.

Alba Muhammad Mukhid koordinator KRJ mengatakan , droping air bersih untuk desa desa terdampak kekeringan merupakan kegiatan membantu pemerintah dalam penyediaan air bersih untuk warga. KRJ sebagai komunitas yang anggotanya para relawan berdonasi untuk kegiatan ini. Direncanakan setiap hari akan dikirim 2 tangki ke desa yang membutuhkan dengan target 20 tangki selana 10 hari.

” Target pertama rencana 20 tangki dulu.Setelah list tertutup kita akan buka lagi untuk terget berikutnya jika masih ada yang membutuhkan. Untuk pertama kali kita kirim ke desa Kedungmalang satu tangki untuk warga satu tangki kita kirim untuk masjid Sebelah Timur . Agar jamaah lancar mebgadajan kegiatan peribadatan “, kata Alba Muhammad Mukhid.

Ditambahkan KRJ yang beranggotakan berbagai profesi ini fokus pada kegiatan sosial yang menyentuh warga secara langsung. Selain itu juga aktif dalam kegiatan penanggulangan bencana alam, penanganan odgj,orang terlantar dan juga penyediaan ambulans untuk warga .Misalnya untuk pengantaran orang sakit ke rumah sakit dan juga untuk kegiatan pemakaman.

” Nah kegiatan droping air bersih ini kegiatan spontanitas .Merespon himbauan dari kalak BPBD kabupaten Jepara terkait dampak kekeringan di Jepara yang semakin meluas. Oleh karena itu bagi teman teman relawan yang ingin berdonasi dipersilahkan bergabung dengan KRJ “, tambah Alba.

Terkait bantuan air untuk Masjid Adi Surya warga desa Kedungmalang mengucapkan terima kasih kepada KRJ. Bantuan air bersih tersebut sangat berharga bagi warga desanya. Semenjak aliran air bersih bersih terputus warga membeli air dari penjual air keliling. Dengan adanya bantuan ini bisa sedikit meringankan beban warga.

” Terima kasih untuk pak alba dan kawan kawan atas droping air bersih di desa Kedungmalang. Semoga berkah untuk semuanya ,Amiiin “, kata Adi . ( Pak Muin )