Jepara – Komunitas Relawan Jepara salah satu komunitas yang beranggotakan relawan dari berbagai prosesi peduli pada desa kekeringan di Jepara. Salah satunya adalah memberikan bantuan air bersih ke desa yang membutuhkan utamanya desa yang suplai air bersih terganggu bahkan kesulitan atau kering.

Alba Muhammad Mukhid koordinator KRJ pada kabarseputarmuria mengatakan , giat droping air bersih tersebut merupakan kegiatan dadakan. Ia terpanggil ketika mendengar ada beberapa desa yang warganya kesulitan air bersih. Selanjutnya ia dipesan WA woro woro pada anggota untuk donasi yang nantinya diwujudkan air bersih yang akan dikirim menggunakan mobil tangki.

” Alhamdulillah dalam semalam terkumpul uang yang hari ini bisa langsung diwujudkan dalam bentuk droping air ke desa Kedungmalang ini. Satu untuk kebutuhan air bersih warga dan yang satu tangki nanti kita kirim ke Masjid desa Kedungmalang Timur untuk wudlu jamaah. Kita berencana akan kumpulkan 20 tangki air yang kita kirim setiap hari 2 tangki “, kata Alba Kamis 14/9/2023 di sela sela droping air di desa Kedungmalang.

Alba menghimbau teman teman relawan semua untuk bisa bersatu padu ikut dalam kegiatan sosial ini. Selain pemerintah yang memberikan droping air bersih para relawan diharapkan terketuk hatinya membantu warga. Saat ini air sangat dibutuhkan warga karena air PDAM tak mengalir dan sumber air berupa sumur dan sungai mengering. Hal itu sesuai dengan informasi yang disampaikan BPBD Jepara terkait dampak kekeringan di Jepara.

” Sekali lagi terima kasih kepada teman teman KRJ yang telah mendonasikan dana untuk kegiatan ini. Bagi yang ingin bergabung monggo masih ada kesempatan .Kalau ingin ke lapangan mari kita kawal bersama sama “, tambah Alba.

Adi warga desa Kedungmalang mengucapkan terima kasih pada KRJ yang telah mendroping air bersih untuk desanya. Saat ini air bersih bagi desanya merupakan barang berharga karena dampak kekeringan. Pipa PDAM mati tak mengalir sehingga warga harus beli air untuk kebutuhan harian.

” Terima kasih pada teman teman KRJ yang telah mengirim air bersih ke desa Kedungmalang . Dengan adanya droping ini mereka tidak beli air sehingga meringankan beban harian mereka. Kondisi kekurangan air bersih ini langganan setiap musim kemarau di desanya “, kata Adi. ( Pak Muin )