Tangerang Selatan – Ada banyak kejadian unik seputar pelaksanaan Upacara Bendera HUT RI ke 78 di berbagai tempat di Indonesia. Ada kejadian terkait dengan pengibaran Bendera oleh Tim Paskibraka  . Salah satunya alaha putusnya tali  untuk mengibarkan bendera. Sehingga perlu gerak cepoat untuk menyelamatkan hal ini .

Zani Abdillah, 22, viral setelah dengan berani dia memanjat tiang bendera saat upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Tangerang Selatan (Tangsel). Pemuda yang bekerja sebagai penjaga soundsystem upacara itu refleks berlari dan memanjat tiang bendera setelah tali pengikat bendera merah putih putus saat akan dibentangkan.

Tinggi tiang bendera yang dipanjat Abdillah di lapangan Rempoa Gintung, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan itu mencapai 12 meter. “Talinya putus inisiatif saya naik,” katanya, Kamis 17 Agustus 2023.

Pemuda pemanjat tiang bendera itu tak berpikir panjang, hanya ingin upacara berjalan dengan baik. “Ya gimana ya saya juga refleks. Untuk benerin,” ujarnya.

Awalnya dia sempat tertegun karena tidak ada satu pun yang berinisiatif untuk memperbaiki  tali yang putus. Saat menaiki tiang Abdillah dibantu petugas untuk memegang tiang.

Abdillah pun langsung merayap naik tiang bendera meski tetap memakai alas kaki. Meski banyak orang teriak agar sepatunya dilepas, dia tak menggubrisnya.

Tindakan Abdillah pun sontak mendapat tepuk tangan dari para peserta upacara HUT RI di lapangan Rempoa Gintung.

Tali tiang bendera yang putus selanjutnya dipasang kembali oleh petugas pasukan pengibar bendera merah putih.

Upacara pengibaran bendera merah putih di lapangan Rempoa Gintung, Ciputat Timur, Tangsel pun dapat dilanjutkan lagi. “Alhamdulillah upacara lancar. Bendera udah naik,” ujarnya sambil tersenyum.

Sumber : Tempo.co