Jepara  – Hari hari ini di kampung kampung dimanapun hingar binger  dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI selain menggelar upacara , Karnaval ada yang tidak pernah ditinggalkan. Yaitu ,menggelar lomba untuk anak-anak ,remaja hingga dewasa. Ada aneka lomba yang lucu dan memancing ketawa yang sejak dulu hingga sekarang masih terus di gelar.

Inilah beberpa lomba jadul yang saat ini masih di gelar dalam rangka memerihakan HUT Kemerdekaan RI .

  1. Lomba Karet Gelang Di Wajah

Adapun lomba ini berupa karet gelang yang di lingkarkan di wajah tepanya di atas hidung. Selanjutnya peserta harus menurunkan karet gelang itu hingga turun ke dagu. Siapa yang duluan melakukan penurunan karet gelang tersebut dialah pemenangnya.

  1. Lomba Taruh Caping

Lomba ini membutuhkan alat berupa caping atau sejenisnhya. Jika kesulitan mencari caping saat ini bisa digantikan tempat nas dari plastic. Caping atau wakul diberi kawat untuk gantungan. Peserta tinggal mengantungkan caping atau wakul ke tempat yang dituju. Siapa yang dulu memasukkan dialah pemenangnya.

  1. Lomba Makan Kerupuk

Lomba ini membutuhkan kerupuk sebagi media permainan. Kerupuk di gantung di sebuah tempat lalu peserta memakan kerupuk dengan mulut tanpa dipegang. Keayikan permainan ini ketika kerupuk bergoyang dimakan pseerta. Siapa yang kerupuknya habis duluan dialah pemenangnya.

  1. Joget Duet dengan balon di Dahi.

Permainan ini membutuhkan alat berupa balon yang ditiup. Permainan ini diikuti dua orang berhadaphadapan balon yang telah ditiup di tempelkan di dahi dua pemain berhadpanj hadapan. Setelah siap lagu diputar peserrta berjoget. Siapa yang sampai akhir lagu balon tidak jatuh dialah pemenangnya.

  1. Lomba Lari Bawa Kelereng

Lomba ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan masih terus dilakukan hingga sekarang. Permainan ini membutuhkan alat berupa sendok dan kelerang. Adapun caranya peserta membawa kelereng yang diletakkan di sendok. Setelah siap semua semua peserta jalan hingga sampai batas yang ditentukan siapa yang kelerangnya tidak jatuh dan sampai duluan dialah pemenangnya.

  1. Lomba Balap Karung.

Lomba ini juga amat jadul karena sejak dulu terus dijalankan disetiap lomba HUT RI. Permainan ini membutuhkan alat berupa karung atau zak plastic. Caranya peserta masuk ke karung atau zak plastic setelah siap diberi aba-aba jalan semua peserta jalan menuju finis . Pemenangnya adalah yang sampai duluan ke finis dan tidak terjatuh.

Itulah beberapa lomba lomba yang dulu sampai sekarang masih layak untuk dimainkan dalam rangka memeriahkan HUT RI . Selamat mempraktekkan.(Muin)