Demak – Rob tinggi akhir akhir ini berdampak tergenangnya jalan , rumah dan Masjid di desa Babalan kecnmatan Wedung kabupataen Demak. Desa yang terletak di tepi pantai ini terdampak langsung dengan semakin tingginya air rob. Sehingga Masjid Baitul Izah yang dibangun 30 tahun lalu lantainya tergenang air rob . Sehingga mengganggu kegiatan peribadatan terutama untuk shalat jamaah .

Awalnya ketinggian air rob hanya menggenangi halaman dan jalan depan masjid . Lama kelamaan air rob makin tinggi sehingga air masuk ke suluruh lantai Masjid yang terletak di tepi Sungai. Jika rob tinggi genangan air rob hingga 70 cm sehingga masjid bagian bawah tidak bisa digunakan untuk shalat berjamaah. Sehingga tahun ini masjid ini ditinggikan lantai sekitar 80 Cm

Ahbab salah satu panitia pengurugan dan peninggian lantai Masjid Baitul  Izzah desa Babalan kecamatan Wedung pada kabarseputarmuria Sabtu 7/10/2023 mengatakan , dana yang digunakan untuk pengurugan lantai ini menghabiskan dana sekitar 400 juta rupiah. Dana itu untuk pembelian tanah dan juga memasang marmer seperti dulu. Dana sebanyak itu dimintakan sumbangan atau jariyah pada warga desa Babalan dengan bentuk wakaf tunai senilai Rp 300.000,-.

“ Dana itu baru perkiraan bisa kurang bisa lebih karena untuk pengurugan itun butuh dana ganda . Yang pertama untuk pembelian tanah urug yang kedua untuk angkutan karena truk tidak bisa masuk ke halaman Masjid.Selain itu memasang kembali marmer yang di copot banyak yang rusak . Yang rusak separuhnya sehingga harus beli marmer baru  “, kata Ahbab.

Masjid Baitul Izzah ini awal berdirinya sekitar tiga puluh tahun yang lalu kondisi lantainya sudah tinggi . Namun karena perkembangan situasi dan kondisi alam dan juga bangunan sekitarnya maka lama kelamaan lantainya semakin rendah. Apalagi di peparah dengan rob yang semakin tinggi 5 tahun terakhir ini.

“ Jalan depan Masjid ini  ditinggikan begitu juga rumah warga juga banyakm yang ditinggikan agar tidak tergenang air . Melihat kondisi rob yang terus meninggi jamaah akhirnya memutuskan untuk meninggikan lantai masjid ini. Jika tidak ditinggikan akan jadi genangan air dan tidak bisa digunakan untuk shalat berjamaah”, tambah Ahbab.

Ahbab selaku panitia pelaksana Pembangunan peninggian lantai masjid Baitul Izzah mengucapkan terima kasih pada warga Babalan khususnya dan juga para donatur umumnya yang telah memberikan donasi . Selanjutnya mengharapkan kepada siapa saja yang punya rejeki lebih ikut berpartisipasi dalam giat peninggian lantai masjid agar bisa digunakan untuk kegiatan peribadahan dengan lancar.

“ Monggo kami menerima donasi dari siapa saja agar pelaksanaan Pembangunan peninggian lantai ini cepat selesai. Agar ketika rob tinggi tiba masjid bisa digunakan dengan nyaman . Donasi bisa langsung disampaikan ke lokasi atau via rekening “, kata Ahbab sambal menunjukkan nomor rekening untuk giat peninggian lantai masjid Baitul Izzah.

Amin Fatah warga desa Babalan menambahkan , pelaksanaan pengurugan atau peninggian lantai Masjid Baitul Izzah ini sudah berjalan setengah bulan . Target dari panitia pembangunan pelaksanaan diperkirakan maksimal 2 bulan. Kondisi ekonomi warga desa Babalan saat ini hanya petambak garam saja yang hasilnya banyak. Untuk nelayan dan tambak ikan saat ini sepi .

“ Ya mudah mudahan cepat selesai , semoga ada donasi dari luar desa utamanya warga desa Babalan yang tinggal diluar desa yang sukses ekonominya. Selain itu siapa sajalah monggo bisa beramal jariyah ke desa Babalan “, harap Amin Fatah . ( Pak Muin )